Senin, 14 November 2011

24 Sepedamotor Balap Liar Diamankan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Polsek Mandau, Sabtu (12/11) malam lalu kembali menggelar kegiatan antisipasi dan penertiban balap liar di seputaran Jalan Sudirman dan Jalan Hangtuah. Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolsek Mandau AKP Devy Firmansyah Sik, bersama 20 personil Polsek Mandau dan 7 personil Pam Obsus, berhasil menjaring sebanyak 24 unit sepedamotor yang terlibat balap liar.

"Meski sudah banyak yang ditangkap, namun masih saja kita jumpai aksi balapan liar di jalan raya yang dilakukan para pemuda. Untuk menghentikan kebiasaan buruk mereka, terpaksa dirazia, kalau tidak membahayakan keselamatan mereka dan pengguna jalan lain,'' ujar Kapolsek Mandau AKPDevy Firmansyah Sik didampingi Kasi Humas Aiptu Joko Utomo kepada Tribun, Senin (14/11).

Kapolsek juga tak tahu apa yang dicari para pemuda tersebut dengan balapan liar. Padahal aksi itu dilakukan tanpa pengaman. Baik itu helm atau pelindung lain yang kerap digunakan dalam ajang balap. Kegiatan ini justru membahayakan diri sendiri dan tentunya pengguna jalan lain.

'' Kita akan terus membersihkan jalanan dari para pembalap liar. Malam minggu kemarin, kita amankan lagi 24 unit sepedamotor. Banyak sepedamotornya yang dirombak untuk balapan. Untuk memberikan efek jera sepedamotor ini ditilang. Bagi yang tak memakai safety riding dan knalpot agar dilengkapi dan dibuat standar,'' tukasnya.

Sebelum menggelar kegiatan, pihak kepolisian terlebih dulu melakukan investigasi, menurunkan anggota berpakaian sipil. Ketika para pembalap beraksi, pihak kepolisian mendata para pemain. Walaupun nanti ada di antara mereka yang lagi berhenti, tetap saja akan ditilang.

"Jadi sepedamotor yang diamankan, semua terlibat balapan liar. Tak benar apabila ada yang bilang, sepedamotor yang nonton juga ditangkap. Karena mereka sudah ditandai dan memang terlibat balap liar,'' ungkap Kapolsek.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar