Jumat, 04 November 2011

Herliyan Rayakan Idul Adha di Duri

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Menyambut hari raya Idul Adha yang jatuh pada, Minggu (5/11) esok, berbagai kalangan menyiapkan rangkaian agenda. Satu di antaranya pawai takbir keliling pada malam sebelum hari raya. Budaya takbir keliling memang sudah menjadi agenda wajib umat muslim di Duri. Dan pelaksanaannya tak dibatasi dari faktor usia atau jabatan di pemerintahan.

Pawai takbir keliling tahun ini rencananya dilaksanakan petang nanti. Dan rute perjalanannya akan memanfaatkan jalan-jalan protokol yang ada di Duri. Bertindak selaku koordinator acara, Carles MA mengatakan, pawai takbir keliling ini akan dilepas langsung oleh Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh.

Herliyan akan melepas pawai takbiran di Lapangan Pokok Jengkol, Kecamatan Mandau. Untuk memeriahkan acara dan menyemangati peserta pawai, Herliyan menyediakan piala bergilir dan sejumlah hadiah.

"Pawai takbiran akan diikuti 9 kelurahan dan 1 desa. Bupati langsung yang membuka pawai. Beliau juga menyediakan piala bergilir dan uang pembinaan untuk pemenang pawai,'' ujar Koordinator Pawai Takbiran Idul Adha 1432 H, Carles MA, Jumat (4/11).

Pada tahun-tahun sebelumnya peserta pawai takbiran diikuti masjid dan mushalla yang ada di Duri. Namun pada tahun ini pawai takbir keliling dimeriahkan kontingen dari kelurahan/desa yang mengirimkan utusan.

Tambah Carles, mengimbau lurah dan kades diminta untuk menyiapkan pawai takbiran sebaik-baiknya. Karena pawai ini disaksikan langsung bupati. Kita semua harus berusaha memeriahkan pawai takbiran ini. Masyarakat dipersilahkan datang ikut dalam rombongan pawai untuk meramaikan. Dan ia berdoa semoga tak turun hujan.

"Kepada lurah dan kades diminta secepatnya melaporkan kesiapan peserta pawainya ke sekretariat di Masjid Raya Arafah,'' tambahnya.

Lanjut Carles, keesokan harinya, Ahad (6/11) bupati melanjutkan kegiatannya sholat Idul Adha di Lapangan Makoramil 06 Mandau. Seperti yang diketahui, dalam keyakinan umat Islam, bagi penganutnya yang diberi kekayaan lebih, disunnahkan menyembelih hewan kurban. Begitu juga yang dilakukan Herliyan.

Pada tahun ini Herliyan menyembelih hewan kurban di Duri. Jadi setelah melaksanakan ibadah sholat ied, Herliyan menyaksikan langsung hewan kurbannya disembelih dan nantinya dibagikan pada warga yang berhak.

Bupati turut berkurban 1 ekor sapi untuk masyarakat Mandau, ditambah 3 ekor sapi dari pihak kecamatan Mandau. Bertindak selaku khatid Idul Adha, Ustad H Syafri Edi MA dari Pekanbaru.

"Setelah melangsungkan sholat dan memotong hewan kurban, agenda dilanjutkan dengan meresmikan Gedung LAMR Mandau, di samping Stadion Mini," tutup Carles.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar