Selasa, 15 November 2011

Proyek Tiga Box Culvert Diharapkan Selesai Tepat Waktu

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Tiga box culvert atau gorong-gorong yang ditanam di bawah badan jalan sudah dikerjakan. Pembangunan box culvert ini ditanam di kedua jalan protokol yang ada di Duri, yakni jalan Sudirman dan Hang Tuah. Tujuannya dapat mengurangi dampak curah hujan yang tinggi.

Proyek ini dibangun Pemkab Bengkalis menggunakan dana APBD 2011. Pembangunannya diharapkan rampung pertengahan Desember mendatang. Proses pengerukan kini tengah dilaksanakan pada sebagian jalur jalan, secara bertahap. Sehingga jalur sebelahnya masih bisa digunakan untuk aktifitas lalu lintas.

"Meski curah hujan cukup tinggi belakangan ini, kita berharap pembangunan tiga box culvert selesai tanggal 15 Desember. Tiga titik jalan yang dibuat ada di ruas depan Masjid Raya Arafah, depan Simpang Stadion dan depan Nusa Indah,'' ujar Kepala UPTD Bina Marga, Edi Warman kepada Tribun, Selasa (15/11).

Sistim pengerjaan tiga box culvert itu menggunakan cetakan. Di mana pemasangan dilakukan setelah badan jalan digali. Jadi proses pembangunannya tidak akan memakan waktu lama. Kecuali dibangun manual di lapangan, bisa saja ada kendala waktu, dikarenakan curah hujan.

"Box culvert dicetak di Medan. Tiga box culvert ini berada dalam satu paket, oleh satu kontraktor. Nilai proyeknya lebih dari Rp 500 juta,'' ungkap Edi Warman.

Tak sekedar dibangun lalu dibiarkan begitu saja, box culvert yang dipasang digaransi selama tiga tahun oleh kontraktor. Bila ada kerusakan hal itu menjadi tanggungjawab kontraktor.

"Kepada pengguna jalan disarankan berhati-hati saat melewati jalan yang tengah dikerjakan tersebut,'' sebut Edi Warman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar