Selasa, 01 November 2011

Usulan Pemekaran Kelurahan/Desa Sudah Dikirim Ke Bengkalis

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Sebagian berkas usulan pemekaran desa/kelurahan di kecamatan Mandau sudah masuk ke Bengkalis. Camat Mandau Rusli Amp mengatakan bahwa usulan pemekaran kelurahan/desa di Kecamatan Mandau belum semua dikirimkan. Lanjutnya, ada beberapa kendala yang dihadapi Camat Mandau.

Kendala tersebut datang dari beberapa kelurahan/desa belum melengkapi syarat pengusulan. Untuk itu dia meminta desa/kelurahan segera menyiapkannya, supaya pembahasan pemekaran bisa sejalan di tingkat kabupaten.

"Ada kelurahan/desa yang belum mengusulkan nama kelurahan/desa yang baru. Ini perlu, karena pemberian nama harus merujuk kepada sejarah daerah ini. Jangan asal memberi nama. Diminta juga pada tokoh masyarakat setempat dilibatkan dalam pemberian nama tersebut,'' ujar Rusli AMP pada Tribun, Selasa (1/11).

Beberapa waktu lalu, ia mengaku telah melakukan rapat dengan seluruh lurah/kades di Kantor Camat Mandau membahas soal pemekaran kelurahan/desa. Di mana 15 kelurahan/desa yang ada akan rencananya dipecah lagi sekitar 32 kelurahan/desa, untuk 2 kecamatan.

Tenggat waktu yang diberikan camat kepada lurah/kades menggelar rapat pemekaran di kelurahan/desa masing-masing sudah habis. Sejumlah kelurahan/desa telah mengisi daftar isian seperti yang diminta camat Mandau.

"Dukungan tanda tangan komponen masyarakat di tingkat kelurahan/desa harus ada. Dan itu sudah dipenuhi lurah/kades. Berkas itulah yang kita kirim baru-baru ini ke Bengkalis, untuk ditindaklanjuti di sana,'' ucap Rusli lagi.

Sembari pihak kelurahan/desa dan kecamatan melengkapi persyaratan, ternyata tim survey pemekaran yang dibentuk Pemkab Bengkalis bersama konsultan saat ini juga tengah turun ke lapangan melihat sekaligus mengkaji aspek-aspek penunjang pemekaran.

"Tim ini nanti akan menghimpun data-data yang diperlukan. Masyarakat tinggal menunggu hasil kerja tim ini, yang disampaikan pemerintah. Pekerjaan ini membutuhkan waktu, untuk itu masyarakat diminta bersabar,'' pungkas Camat.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar