Selasa, 26 Januari 2010

Warga Banjaran

Kurus, ceking, pendek, gelap, dan berbagai hal aneh ada pada dirinya. Wajah premannya (serem/red) sangat tidak cocok membalut jiwa melankolisnya. Yang paling buatku jenggah yaitu wajah serem kayak gitu sama sekali tidak suka tembakau.

Orang Banjaran, Bandung ini punya segudang obsesi teraneh sedunia. Selera musiknya aneh-aneh. Selera makannya juga aneh. Bodi kurus kering gitu bisa termasuk golongan RW06. Ciga nu cacingan wae maneh teh. Kalo terjalin perbincangan pasti banyak cerita tentang dirinya sendiri. Yang teraneh yaitu ketika dia punya obsesi memiliki motor kaleng (vespa/red). Dan salah satunya ketika mengejar cewek anggota koperasi mahapeka. Meluncur hingga cianjur dan nyasar kemana-meni.

Dia mengaku selama bernafas, hanya baru jalin satu kali komitmen dengan seorang cewek (cigana ditolak wae nya bung?/red). Itulah episode-episode kemalangannya. Tapi aku percaya kalau suatu saat dia pasti temukan kehidupan yang dia idamkan. Tentunya bukan mengidamkan bertemuku dikemudian hari. Ogah layau!

Cerminan budaya pop melekat pada pria satu ini. Selai itu sifat toleran juga. Selain itu lagi dia termasuk orang yang peka. Bageur. Suka menolong (komo kanggo tetangga sebelah/red). Yang jelas dia mempunyai banyak talenta. Otak kanan dan otak kiri seimbang (gelona/red). Meski terkadang suka ceroboh. Cita-citanya sederhana. Gak muluk-muluk. Tapi terkadang dia suka bikin aku bosan jalani hidup.

Anak hilang yang satu ini memang sering dikeluhkan teman-temannya. Susah untuk dilacak jejaknya. Meski teman-temannya memberi pinjam hape kepadanya.
“ih a Godi mah kaya orang hilang tau! Udah pegang dua hape juga, masih susah dihubungi,” ujar Ista bersungut-sungut.

Ada yang bikinku lebih miris melihatnya. Yakni ketika dia nyerocos panjang lebar tentang ini dan itu. Seolah-olah menguasai sepenuhnya materi pembicaraan tapi sebenarnya dia belum pernah menghatamkan buku yang ia baca. Apapun itu. Tapi wacana yang sering ia hadirkan, aku nilai cukup untuk seorang mahasiswa.

Cowok yang mengaku sosialis abis ini berniatan untuk menjalankan rukun Islam kelima. Entah apa tujuan dia itu, di luar jangkauan saya. Tapi kemungkinan besarnya adalah dia ingin mewabahkan virus sosialisnya di tanah Arab sana…

Hanya sedikit saran saya mengenai kegagalan kisah cintamu yaitu kamu harus melakukan “tiga eng” (ngadoa, ngusahakeun n ngaca/red). Tapi aku yakin Allah telah mempersiapkan bidadari untukmu dikemudian hari. Sedangkan untuk penyebaran aliran sosialis di tanah arab, aku hanya bisa nyebut “tooubat.”

Hari depanmu masih panjang prend. Wujudkan resolusimu. Anggaplah tulisan ini sebagai refleksi perkenalanku denganmu. Aku tetep bersyukur meski dipertemukan cowok tengil kayak dirimu. Segala kejadian itu pasti ada tujuannya. So keep your f***n spirit bro!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar