Selasa, 11 Januari 2011

Libur Tahun Baru Memberi Berkah Kolam Pancing

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Taman Pancing Mino Ngoto kewalahan layani permintaan ikan di hari pertama tahun 2011. "Alhamdulillah, selama libur sekolah hingga tahun baru permintaan ikan semakin melonjak," ujar pemilik usaha yang bertempat di Jalan Imogiri Barat, Bantul, Watiningsih (43), Minggu (2/1/2011).

Hari sabtu kemarin, permintaan ikan mencapai lima kwintal. Sedangkan di hari-hari biasa (non libur/red), stok ikan hanya 500 kg. "Tidak seramai kemarin, hari ini saya prediksi hanya tiga kwintal," imbuhnya.

Menurutnya, libur kali ini, adalah jawaban atas kerugian pascaerupsi Merapi. Selama kurang lebih dua bulan pascaerupsi, pihaknya mengaku benar-benar tidak ada pemasukan sama sekali. "Sampai-sampai harus mengutang untuk membayar sepuluh karyawan," lanjutnya.

Bencana erupsi Merapi menyebabkan air yang mengalir di kali Code jadi keruh dan membawa material vulkanik. "Air kolam saya ini berasal dari aliran kali Code, kala itu saya harus mengeruk pasir yang terbawa air," lanjutnya.

Selain melakukan pengerukan, pihaknya juga harus menghadapi masalah kematian ikan karena pencemaran air. "Banyak ikan yang mati, maka saya tidak tanami ikan selama kondisi air belum normal," tutupnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar