Rabu, 23 Maret 2011

Bikin Antena dari Batok Kelapa

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

PEKANBARU, TRIBUN - Denny Saputra bersama empat rekan kelompoknya, Hesti Madoya, Aji Suroso, Lesnawati dan Nurlaili berhasil ciptakan antena televisi dari bahan dasar batok kelapa. Karya empat orang mahasiswa jurusan Kimia semester empat Universitas Muhammadiyah Riau ini merupakan hasil dari tugas kelompok mata kuliah fisika terapan yang mereka geluti.

Antena yang sedang dalam proses pengurusan Hak Cipta ini mendapat apresiasi positif dari dosen-dosen UMRI. Humas UMRI, Elviandri mengatakan, karya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Antena ini digunakan di dalam ruangan namun gambar yang dihasilkan dari antena ini sangat jernih," ucapnya, Senin (28/2).

Setelah melihat kehebatan antena ciptaan mahasiswanya, Pembantu Rektor I, M Rasyad Zein langsung menguruskan lisensi hak cipta supaya tidak dapat diakui karya oranglain. Pihaknya sangat mengapresiasi karya anak didiknya yang dapat memberi kontribusi nyata pada masyarakat.

"Meski karya mahasiswa kami nampak sederhana, namun manfaatnya saya nilai luar biasa," ujar Rasyad kala ditemui Tribun di kantornya.

Kepada Tribun, Denny dan Hesti mengaku tidak menemui banyak kesulitan dalam pengerjaannya. Keduanya mengatakan, pengerjaan antena ini hanya memakan waktu tiga hari. Denny mengaku mendapat banyak inspirasi dari dosen pembimbing.

Keduanya berkeinginan bisa mengamalkan ilmu yang didapat dari kelas. Selain itu keduanya juga bermimpi untuk bisa menjual karyanya tersebut supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami ingin sekali bisa mengamalkan materi kewirausahaan yang diajarkan di kelas, nah melalui antena ini, mungkin bisa menjadi langkah awal kami dalam berbisnis," kata Denny.

Hesti mengatakan, tidak akan membandrol dengan harga tinggi, atas produk yang telah dihasilkan. Lebih senang bila karyanya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas ketimbang keuntungan secara finansial.

Untuk memercantik tampilan antena tersebut, rencananya mereka akan mendisain ulang bentuk dari bentuk semula. (Cr12)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar