Selasa, 26 April 2011

Datangi Komnas HAM Perjuangka Pulau Padang

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

MERANTI, TRIBUN - Pukul 11.30 kemarin, Selasa (26/4) masyarakat Meranti datangi Komnas HAM. 46 masyarakat Pulau Padang Kabupaten Meranti datang dengan didampingi Ketua Serikat Tani Nasional (STN), Yudi Bumi Wibowo. Kedatangan mereka ke Komnas HAM terkait operasional PT RAPP. Rombongan juga didampingi Pengurus Pusat FNPBI Desi Arisanti.

Mereka melaporkan pelanggaran HAM atas perebutan lahan garapan warga oleh PT RAPP. Saat tiba di kantor Komnas HAM, mereka langsung ditemui Subkomisi Pemantauan dan Penyelidikan, Johny Nelson Simanjuntak.

Laporan ini dilakukan setelah adanya pembubaran paksa aksi mogok makan di depan gedung Kemenhut jalan Gatot Subroto, Senin lalu. Polisi membubarkan paksa sekitar pukul 18.30 aksi mogok makan tersebut tanpa alasan yang jelas.

Usai mengadukan ke Komnas HAM, masyarakat Pulau Padang mengelar aksi yg sama di pelataran kantor pemerhati HAM tersebut. Mereka mendirikan tenda dan membentangkan spanduk berukuran besar.

Spanduk itu berisi kecaman atas penggarapan pulau Padang oleh PT RAPP. Selain itu, mereka juga memampangkan peta Pulau Padang yang tampak separo telah digarap PT RAPP. Tindakan ini merupakan buntut kekecewaan masyarakat kepulauan Meranti atas kebijakan Kemenhut memberikan Pulau Padang kepada perusahaan asing.

"Kami akan terus perjuangkan pulau padang dari perusahaan asing tersebut untuk masyarakat," ujar sekretaris KPD-STR KEP MERANTI, Sutarno.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar