Jumat, 29 April 2011

Website Desa Petani Diresmikan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Masyarakat tak perlu lagi repot-repot datang ke kantor Desa Petani bila ingin mengutarakan pendapat. Selain itu, untuk mendapatkan informasi program desa Petani, masyarakat cukup "klik" di internet. Kepala Desa Petani, Rianto sengaja merilis website www.desapetani.com untuk lebih mendekatkan diri dengan warga, Jumat (29/4).

Warga Indonesia, khususnya masyarakat desa Petani, kecamatan Mandau, Bengkalis bisa akses informasi lebih mudah melalui website. Ia menambahkan, informasi yang berkaitan dengan program desa, akan dimasukkan di website. "Hingga laporan keuangan desa, akan diinformasikan melalui website," ucapnya.

Semua informasi yang berhak diketahui masyarakat akan diunggah ke media online tersebut. Pelayanan-pelayanan yang sifatnya masih wewenang kepala desa akan mengisi ruang di website. Kepada undangan, ia mengatakan, semakin lancarnya arus komunikasi di desa Petani maka akan melancarkan terwujudnya desa mandiri di tahun 2015.

Ide awal merilis website www.desapetani.com ia dapatkan dari diskusi bersama rekan. Setelah ia pikir-pikir, ternyata manfaat website ini cukup besar untuk kemajuan desa. Pertama, akan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap internet. Kedua, sarana informasi yang mudah dan murah.

Ketiga, komunikasi bisa berjalan dua arah. Maksudnya, bila masyarakat ingin mengetahui program desa, tinggal buka dan tinggalkan komentar. Namun baginya, yang akan menjadi bidikan utama peluncuran website ini, untuk menjual potensi desa pada masyarakat luas.

Rencananya, semua aktivitas desa layaknya, pkk, karang taruna dan jenis aktivitas lain, akan diterbitkan di website tersebut. Belum lagi, program-program pemerintahan yang dikerjakan tingkat desa. Ia mencontohkan, program PNPM Mandiri, pembangunan menggunakan APBD hingga pendanaan ADD.

"Apapun komentar yang masuk, dan kritik saran, akan ditampung dan menjadi bahan pertimbangan dalam bertugas," lanjutnya.

Dalam acara peresmian tersebut dihadiri beberapa pejabat pemerintahan. Yakni, perwakilan camat, komandan koramil, kapolsek Mandau hingga anggota Dewan.

Anggota komisi IV DPRD kabupaten Bengkalis, H Arwan mengatakan, sangat mendukung gerakan masyarakat yang turut memajukan bangsa. Arwan menambahkan, peluncuran website ini, dapat menjadi pelopor sebagai desa yang memiliki website.

"Semoga bisa diikuti oleh desa-desa lain," tutupnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar