Jumat, 22 April 2011

Gelar Lomba Untuk Peringati Hari Kartini

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Peringati hari kartini warga jalan Rokan, RW 9 Desa Air Jamban, Mandau, Bengkalis gelar beragam lomba. Perlombaan ini sengaja digelar untuk ibu-ibu rumahtangga setempat. Ragam lomba tersebut yakni, senam, voli dan bola dangdut.

Menurut warga setempat, Leni, hal ini untuk mengingat jasa-jasa yang telah dicurahkan RA Kartini mengangkat harkat martabat perempuan Indonesia. Berkat perjuangan Kartini, kaum perempuan kini bisa melesat dan sejajar dengan lelaki. Hal itu dibuktikan, dengan sejarah bangsa ini dinahkodai seorang peremuan.

Melalui momen ini, ia mengatakan, dengan mengingat perjuangan Kartini, kaum perempuan di negeri ini tidak lagi dipandang sebelah mata. Napas emansipasi itu harus ditanamkan dalam diri namun tetap tak mengesampingkan kewajiban sebagai istri dan ibu di dalam keluarga.

Perjuangan perempuan saat ini dalam mengangkat harkat martabat wanita terbuka lebar. Ia mencontohkan, dengan aktifitas kecil di lingkungan sekitar. Para ibu berkumpul dan berorganisasi dalam naungan PKK. Perempuan yang berprofesi sebagai guru ini menharapkan, melalui peringatan ini bisa menanamkan pemahaman bahwa wanita tak lagi dipandang sebelahmata.

Tak ketinggalan, ia juga mengajak kaum perempuan di seluruh Indonesia untuk ikut berpatisipasi dalam pembangunan bangsa. Partisipasi itu bisa dilakukan dari hal kecil. Bisa dimulai dari lingkungan terkecil, keluarga dan lingkungan sekitar. Namun tidak menutup kemungkinan dalam kancah yang lebih luas.

Senada dengan Leni, Saripah juga mengatakan, peringatan ini yakni untuk mengenang perjuangan RA Kartini yang telah mengangkat derajat wanita. Untuk melanjutkan perjuangan tersebut, warga RW 9 kerap mengadakan kegiatan-kegiatan positif. Yakni, kegiatan keagamaan, olahraga dan organisasi kewanitaan.

Dalam peringatan ini, kegiatan-kegiatan tersebut diramu menjadi sebuah perlombaan. Dengan perlombaan bisa memunculkan kekompakan dan jiwa sportifitas para pesertanya. Lisnawati menambahkan, dengan ini kita bisa mengambil ketauladanan RA Kartini. Kegigihannya dan keberaniannya untuk tampil menjadi pelaku sejarah patut untuk ditauladani. Semua ini demi kemajuan di masa yang akan datang.
------------------------

sidebar

Ketua panitia acara peringatan RA Kartini, Haris Jhon mengatakan, acara ini benar-benar dipersembahkan untuk kaum ibu di RW 9, Air Jamban, Mandau, Bengkalis. Acara ini digagas oleh ibu-ibu setempat namun tetap didampingi bapak-bapak dan pemuda. Memanfaatkan lahan kosong di jalan Rokan, Haris Jhon gelar tiga perlombaan dan hiburan pada malam harinya.

Diadakannya lomba ini bertujuan untuk menambah kekompakan dan kerukunan kaum ibu di RW 9. Kegiatan rutin ibu-ibu setempat yakni senam dan voli tiap minggunya, Haris angkat dalam perlombaan. Sementara untuk lebih memeriahkan acara peringatan hari Kartini, ia gelar juga lomba bola dangdut.

Pada malam harinya, diadakan hiburan berupa organ tunggal sekaligus pembagian hadiah. Rencananya kegiatan seperti ini akan diadakan tiap tahun. Panitia menyediakan total hadiah sebesar Rp 800 ribu.

Acara ini bisa terselenggara berkat dukungan semua pihak. Anggaran yang digunakan yakni hasil swadaya masyarakat dan bantuan dari Anggota komisi III DPRD Kabupaten Bengkalis, Almi Husni.

Ketua RW setempat, M Isnaini mengatakan, diselenggarakannya kegiatan ini selain peringatan hari Kartini juga untuk mengalihkan waktu ngerumpi ibu-ibu RW 9 pada kegiatan yang lebih bermanfaat. Semoga melalui kegiatan ini, ibu-ibu RW 9 bisa lebih terpacu gelar kegiatan yang positif lainnya.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar