Senin, 02 Mei 2011

Imbauan Hanya Untuk Pagi Hari

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Kondisi jalan Sudirman di sekitar pasar Mandau Raya yang sebelumnya semrawut oleh pedagang kaki lima, kini tampak bersih dan rapih. Awalnya beberapa meter dari sisi kiri dan kanan dipadati PKL. Kini tak ada lagi pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya di bahu jalan, Senin (2/5).

Hasil pengamatan Tribun, hampir semua pedagang yang biasa menjajakan dagangannya di bahu jalan kini mundur hingga di luar marka jalan. Saat dikonfirmasikan pada kasi trantib kecamatan Mandau, H Amiruddin mengatakan, sebelum dilakukan penertiban, kami imbau para PKL untuk tidak menggelar dagangannya di bahu jalan.

Pihaknya mengapresiasi tanggapan para pedagang yang kooperatif. Ternyata imbauan yang dilayangkan mendapat perhatian dari pedagang. Ia menambahkan, untuk masalah relokasi tempat bagi PKL, menunggu keputusan dinas pasar.

"Bila telah ada keputusan tempat relokasi baru kami tertibkan," ucapnya.

Ia menghargai semua aktifitas masyarakat mencari nafkah. Namun tetap memberi catatan, tidak boleh merugikan pihak lain. Dalam hal ini, ia menilai PKL merampas hak pengguna jalan yang harus mengalah, terganggu perjalanannya.

Mulai hari ini sebagian PKL menarik barang dagangannya di belakang marka jalan. Kebanyaka dari mereka memanfaatkan ruang trotoar atau lahan parkir toko. Sementara bagian jalan yang biasa mereka jadikan sebagai lapak, kini dimanfaatkan untuk parkir.

Namun dari pengamatan Tribun, tak semua pedagang menaati imbauan satpol pp. Masih ada pedagang yang bandel, tetap menggelar dagangannya di bahu jalan. Bahkan setelah anggota satpol pp meninggalkan lokasi, PKL tersebut kembali memanfaatkan bahu jalan untuk menggelar dagangannya.

Seorang pedagang topi dan ikat pinggang yang tak mau menyebutkan namanya mengatakan, bila sudah siang, kita boleh gelar dagangannya lebih maju. Memang bila pagi, kita tidak boleh melewati marka jalan.

Tak hanya dia seorang yang menggelar dagangannya kembali ke bahu jalan. Sebagian PKL tersebut juga bertindak demikian. "Sudah lama kita berdagang seperti hingga malam hari," lanjutnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar