Minggu, 01 Mei 2011

Taman Botani Untuk Bumi

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Peringati hari bumi yang jatuh tanggal 22 April 2011, pengurus osis SMA Cendana gelar acara bertajuk "Cendana Green Day", Sabtu (29/4). Tahun ini panitia mengusung tema "green, love and protect our earth". Ketua panitia, Ririen Nathalia Anggita mengatakan, peringatan tahunan ini merupakan wujud partisipasi siswa SMA Cendana dalam menyelamatkan bumi.

Pada ajang kali ini sengaja diramu dalam bentuk perlombakan antar tim. Kategori perlombaan yakni penanaman pohon dalam pot, fotografi dan games tetang kelestarian alam. Untuk perlombaan menanam, pesertanya diambil empat tim dalam tiap kelas.

Tanaman yang diperlombakan tahun ini yakni, tanaman dalam pot. Jenis tanaman yang dilombakan yakni, Tambulapot (tanaman buah dalam pot), apotik hidup dan dapur hidup. Adapun penilaiannya tidak pada jenis tanaman atau tingkat kesulitan tanaman. Penilaian ditekankan pada kecepatan, ketepatan dan peserta harus mengetahui nama ilmiah dari tanaman yang ditanam.

Total peserta yang mengikuti lomba ini yakni 72 tim. Acara penanaman pohon ini seyogyanya hanya memeringati hari bumi, bukan untuk mengejar suatu hadiah tertentu. Untuk itu, panitia hanya menyediakan hadiah berupa handuk bertuliskan "Cendana Green Day."

Peserta membawa bibit tanaman sendiri dari rumah. Panitia hanya mengarahkan, jenis tanaman apa yang perlu dibawa. Setelah acara ini usai, rencananya hasil tanam akan dijadikan taman botani di sekolah.

Selanjutnya taman botani tersebut akan dipergunakan untuk menunjang kompetensi pendidikan di sekolah. Sedangkan untuk lomba fotografi, panitia membebaskan siapa saja yang hendak mengikuti. Tema yang disediakan yakni berkaitan dengan alam. Syaratnya harus karya sendiri.

"Melalui acara ini, kami berharap, dapat memberikan pengetahuan pentingnya menjaga kelestarian alam dengan menjaga keutuhan bumi," lanjutnya.

Wakil Kepala SMA Cendana, Al Bohari mengatakan, sangat mendukung agenda-agenda yang diadakan anak didiknya. Selain itu, melalui ajang seperti ini bisa menumbuhkan kepedulian sosial dan kreatifitas siswa. "Selagi kegiatan itu positif, kita akan fasilitasi," tambahnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 komentar:

anonymous mengatakan...

OSIS SMA Cendana Mandau 2010-2011 rocks \m/

Posting Komentar