Kamis, 26 Mei 2011

Tahun Ini SMPN 3 Harus Berstatus Akreditasi 'A'

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Untuk mengejar persyaratan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI), sekolah harus terakreditasi 'A'. Untuk itu, SMPN 3 Mandau, mulai mempersiapkan semua persyaratan untuk memenuhi kriteria yang dibutuhkan menjadi sekolah dengan status RSBI.

Kepala sekolah SMPN 3 Mandau, Edi Sakura kepada Tribun mengatakan, kurang lebih setahun belakangan dirinya bersama 20 guru tim persiapkan capaian akreditasi A. Dia telah mempersiapkan berbagai Item yang masuk penilaian menuju akreditasi A.

Dari semua item tersebut, ada delapan perangkat standar yang isinya terdapat 169 butir penilaian di semua lini sekolah. Antara lain, bangunan fisik, profil sekolah, sumber daya manusia, pengelolaan dana sekolah, prestasi dan lain sebagainya.

Nah semua itu akan dinilai oleh pihak Badan Akreditasi Provinsi (BAP) yang akan melakukan seleksi pada awal Juni mendatang. Sedangkan hasilnya akan di umumkan pada 19 Juni. Untuk itu semua persyaratan harus dikirim pada 1 Juni ini.

'' Kita semua sedang bekerja untuk mengumpulkan berkas-berkas tersebut untuk dibundel menjadi satu buku yang akan kita kirimkan nanti. Setelah itu tim penilai dari Provinsi akan turun ke sekolah kita untuk melihat kenyataan yang ada, barulah mereka merumuskan apa layak tidaknya sekolah kita untuk dapat akreditasi A,'' ujar Edi Sakura.

Masih lanjut Edi, nilai minimum untuk mendapatkan Akreditasi A adalah 85 sampai dengan 100. Untuk semuanya harus dikumpulkan dan diperiksa dengan sedetail-detailnya. Banyak mengira untuk mengumpulkan semua persyaratan itu mudah akan tetapi kenyataannya butuh waktu lama serta ketelitian.

'' Tidak mudah untuk mengumpulkan persyaratan itu, banyak yang harus di cari dan harus di benahi, semua lini. Yang lebih parah yakni berkas tentang pengelolaan anggaran sekolah yang sangat sensitif jika terjadi kesalahan,'' jelasnya lagi.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar