Jumat, 20 Mei 2011

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 43 Miliar Untuk Perbaikan Jalan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian


DURI, TRIBUN - Pemerintah pusat, kucurkan dana Rp 43 miliar untuk perbaiki Jalan Raya Mandau - Pinggir.  Jalan nasional di Kabupaten Bengkalis ini mengalami kerusakan yang cukup parah. Untuk memperlancar mobilitas perekonomian Riau, dari Dumai ke Pekanbaru atau sebaliknya, pemerintah kucurkan APBN untuk proyek ini yang angkanya tak sedikit.


Kepala Dinas Binamarga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Bengkalis, Muh Amin, pada wartawan mengatakan, program pemerintah pusat memperbaiki kerusakan jalan diharapkan segera dilaksanakan. Pemerintah mengaku sering menerima sorotan dari pelbagai kalangan dengan kerap terjadinya laka lantas di jalur Mandau - Pinggir. Perbaikan ini tentunya untuk membuat pengguna jalan merasa aman dan nyaman melalui jalur ini.


"Pekerjaan perbaikan jalan tersebut dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui Satker Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional di Pekanbaru,'' ujar Amin beberapa hari yang lalu.


Secara detail Amin mengaku tidak hafal berapa panjang jalan nasional yang akan dilakukan perbaikan tersebut. Namun, yang pasti kerusakan di beberapa titik dengan kondisi cukup parah akan diperbaiki. Misalnya di titik perbatasan dengan Siak, kemudian perbatasan Duri-Dumai, dan ada beberapa spot lainnya yang memang perlu diperbaiki.


Saat ditanya apakah perbaikan dimaksud hanya sekadar pemeliharaan atau perbaikan ringan atau perbaikan secara menyeluruh, Amin mengatakan untuk pemeliharaan memang ada kegiatannya tersendiri. Sementara yang dimaksud dengan perbaikan ini adalah benar-benar membetulkan kondisi jalan yang rusak mulai dari awal.


''Jalan-jalan yang rusak seperti berlubang, atau beralur (naik turun/red) itu dibongkar dan dicor ulang. Hanya itu tadi berapa panjang jalan yang diperbaiki ini saya belum tahu pasti,'' kata Amin.


Pemkab Bengkalis, sambung Amin, berharap proyek perbaikan jalan nasional ini benar-benar terlaksana dengan baik dan berjalan lancar sehingga bisa secepatnya selesai. Diakui kerusakan jalan yang sudah cukup parah itu membuat para pengguna jalan harus ekstra hati-hati agar kendaraan mereka tidak mengalami kerusakan.

Disamping itu, guna menghindari terjadinya kecelakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar