Kamis, 17 November 2011

Galian Box Culvert Minim Rambu Bahayakan Pengguna Jalan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Galian box culvert yang tengah berlangsung di Jalan Hangtuah dan Sudirman, dinilai minim rambu-rambu. Oleh karenanya berpotensi menimbulkan kecelakaan dan kemacetan. Agar hal-hal tak diinginkan bisa dicegah diminta kepada pelaksana proyek untuk menambah rambu-rambu petunjuk arah yang jelas.

Bukan hanya sekedar papan pemberitahuan. Demikian disampaikan Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Mariyono Sik didampingi Kanit Laka Aipda Subkhan kepada Tribun, di Duri, Kamis (17/11) kemarin.

"Sejauh pantauan kita di lapangan belum ada rambu-rambu yang memadai, hanya papan pemberitahuan kalau di situ ada pengerjaan galian. Ditambah tali kuning penanda ada pekerjaan. Itu belum cukup, mengingat galian box culvert di jalan yang ramai dilalui kendaraan,'' ujarnya.

Terlebih di malam hari, sama sekali tidak ada penerangan seperti lampu rotator pada pengerjaan galian box culvert tersebut. Kondisi ini dikuatirkan dapat membingungkan pengguna jalan. Bukan tidak mungkin suatu saat terjadi kecelakaan.

"Syukurlah sejauh ini belum ada kecelakaan di lubang galian tersebut. Jangan sampai terjadi,'' ungkap Kasat.

Untuk mengantisipasi kecelakaan dan kemacetan, sebaiknya pada malam hari di pasang lampu rotator atau penerangan lainnya, sebagai tanda sedang ada galian jalan. Kemudian pada jarak 50 meter sebelum galian harusnya dipasangi tanda hati-hati.

"Penunjuk arah dengan warna spotlight akan membantu pengguna jalan untuk waspada di malam hari,'' papar Mariyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar