Rabu, 16 November 2011

Kemiskinan Di Duri Masih Tinggi

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Satu lagi program pemkab Bengkalis yang tak jalan. Dari data yang dikeluarkan BPS Bengkalis tahun 2011, mencatat 34.938 masyarakat Mandau dan 12933 masyarakat Pinggir diduga miskin. Dari data itu menandakan program pengentasan kemiskinan di Mandau-Pinggir tak berjalan. Hal itu diucapkan mantan anggota dewan Bengkalis tahun 2004 - 2009, H Darna.

Lanjut Darna, sebagai pelaksana pemerintahan, pemkab Bengkalis seharusnya dapat menekan angka tersebut. Pembangunan yang dilakukan tak sekedar pembangunan infrastruktur. Apalagi pemegang proyek pembangunan infrastruktur banyak diberikan pada pengusaha-pengusaha luar daerah.

"Bila memang pemerintah peduli akan kemiskinan yang mendera negeri kaya, seharusnya lebih mengutamakan masyarakatnya. Bukan memposisikan masyarakat hanya menjadi penonton," ucapnya pada Tribun, Rabu (16/11).

Lebih lanjut, bila memang pemerintahan Herliyan Saleh serius menuntaskan permasalahan ini, tentu membuat beberapa program untuk itu. Dan bila penyusunan program itu sudah dilaksanakan, ia meminta pemkab untuk mempublikasikannya.

Inilah yang diakuinya sebagai kegagalan pemkab Bengkalis periode sekarang. Bila semua program pengentasan kemiskinan disosialisasikan dan dipublikasikan, tentu akan ada pengawasan langsung dari masyarakat. Dan tidak menutup kemungkinan masyarakat akan turut berpartisipasi atas program-program tersebut.

"Saya sangat menyesalkan, karena pemkab tak pernah sekalipun menyentuh ranah ini. Bila memang pemkab sudah menyusun program pengentasan kemiskinan, kenapa tidak diinformasikan ke masyarakat luas," tambahnya.

Diagnosa yang dikatakan dokter di RS Permata Hati atas kelahiran bayi cacat dengan kondisi aneh pun mengatakan, akibat kekurangan gizi. Hal ini bisa terindikasi lantaran masih lebih dari 10 persen penduduk Mandau-Pinggir merupakan penduduk miskin.

Dalam tiga bulan terakhir, terjadi empat kasus kelahiran bayi tak normal. Yang paling mengejutkan banyak pihak yakni kelahiran bayi di Muara Basung, Pinggir. Bayi perempuan yang diberi nama Siti Arrahma mengalami kelainan jantung di luar tubuh. Selanjutnya beruntun di Desa Petani dan kelurahan Titian Antui, lahir bayi dengan usus terburai. Tak lama lahir di Desa Harapan Baru, bayi tak memiliki hidung dan dinding mulut.

Dari kesemua kasus itu, dokter yang menangani, mendiagnosa akibat sang ibu kekurangan gizi pada saat hamil. Hal ini tentu berbanding lurus dengan data BPS yang mengatakan masih tingginya tingkat kemiskinan di Bengkalis.
----
Dalam buku Riau dalam angka 2010 mengatakan, garis kemiskinan di Bengkalis yakni pendapatan Rp 298 ribu per bulan

Jumlah total penduduk mandau 2010, 254.160
Lk 128,270
Pr 125,890

Pennduduk diduga miskin di mandau hingga november 2011, 34938 jiwa dari 7764 keluarga

Total penduduk Pinggir 78905
Penduduk yang diduga miskin di Pinggir 12933 dari 2874 kk
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar