Senin, 14 November 2011

Siswa SMAN 1 Raih Tropi Kementrian Pertanian

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - SMAN 1 Mandau terus mengukir prestasi di bidang akademik siswa. Tanggal 10 November kemarin bertepatan dengan Hari Pahlawan, tiga siswanya kembali menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah bidang Peternakan Tingkat SMA se-Indonesia 2011. Ajang ini diselenggarakan Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang.

Julmawan, Ahmad Sobri, Roshiful Qolbi meraih juara tiga. Dan mereka berhak membawa tropi, uang pembinaan dari Kementrian Pertanian dan beasiswa dari Fakultas Peternakan Undip.

Kepala SMAN 1 Mandau, Irzaldi SPd mengatakan, sekolah kami mendapat undangan dari Undip Semarang mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah. Sesuai dengan tema yang disebutkan, lalu kita seleksi siswa yang bisa membuat karya tulis ilmiah.

"Untuk membuat tulisan dituntut eksplorasi ke lapangan. Dan akhirnya terpilih tiga siswa yaitu Julmawan, Ahmad Sobri, dan Rosyiful Qobri, ketiganya siswa kelas tiga,'' lanjutnya kepada Tribun, Senin (14/11).

Sebelum akhirnya terpilih masuk 10 besar LKTI tersebut, tulisan berjudul ' Upaya Peningkatan serta Pemasaran Sarang Walet Putih Guna Meningkatkan Taraf Perekonomian Nasional', terlebih dahulu dikirimkan ke panitia penyelenggara. Saat karya tulis tersebut ditetapkan menempati urusan 8, dari 117 karya tulis lainnya, panitia meminta SMA yang masuk 10 besar mempresentasikan karya tulisnya langsung di depan juri.

"Kesempatan ini tak kita sia-siakan. Ketiga siswa bersama guru pembimbing Dra Yurlis kita berangkatkan ke Semarang. Alhamdulillah usaha membuahkan hasil, karya tulis siswa kita berhasil mendapatkan juara tiga. Tema sarang walet ternyata mencuri perhatian dosen Undip, sebagai sesuatu yang perlu dikembangkan petani dalam negeri,'' ucapnya.

Sementara itu, Roshiful Qolbi yang ditemui Tribun di sekolahnya kemarin mengaku bangga atas prestasi yang diraihnya bersama Julmawan dan Ahmad Sabri. Meskipun hanya juara tiga, namun karena iven ini cakupannya se-Indonesia, tetap saja mengharumkan SMAN 1 Mandau di tingkat nasional.

Karya tulis tentang sarang walet ini mereka buat selama dua minggu. Selain mencari literatur dari berbagai sumber, penelitian ke lapangan seperti mendatangi penangkaran sarang walet dan mewawancarai pemilik usaha. Untuk menjadi bahan utama tulisan ilmiah.

"Karena karya tulis ini dibuat sesuai data dan fakta, makanya kami tak kesulitan saat mempresentasikan di depan tim juri, di antara dosen dan pakar peternakan,'' imbuhnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar