Selasa, 21 Juni 2011

Bantuan Rp 1,6 Miliar Tahun 2010 Dipertanyakan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Anggaran bantuan Pemkab Bengkalis tahun 2010sebesar Rp 1,6 miliar untuk masyarakat Sakai, hingga kini belum dirasakan. Seperti apa uang sebanyak itu juga belum pernah dilihat. Siapa yang menjarah uang itu juga tengah ditelusuri. Pasalnya, andai saja uang itu benar-benar direalisasikan, tentu tingkat kesejahteraan hidup masyarakat Suku Sakai akan terangkat.

"Saya lihat dalam anggaran tahun 2010 lalu, Pemkab Bengkalis anggarkan bantuan Rp 1.6 miliar untuk masyarakat Sakai," ucap Ketua Lembaga Adat Sakai Riau (LASR) Wilayah Kabupaten Bengkalis Haji Siantar kepada media, Selasa (21/6).

Setahunya, rincian anggaran itu untuk olahraga, kesenian dan banyak lagi. Tapi sampai detik ini uang itu tak jelas alirannya. Untuk itu dirinya meminta Pemkab Bengkalis menjelaskan kemana perginya uang itu dan siapa yang mengambil.

Hal yang sama juga disampaikan Siantar dalam pertemuan silaturahmi dengan Wabup Bengkalis Drs Suayatno di RM Sari Sunda, beberapa hari lalu. Menurutnya anggaran itu harus dipertanggungjawabkan ke publik dan di hadapan hukum apabila disalahgunakan atau dikantongi sendiri.

"Kami ingin mendapat kepastian dari Pemkab Bengkalis dulu, kemana aliran anggaran itu? Apakah sudah dicairkan? Dan siapa yang mengambilnya?" ujarnya.

Setelah itu baru dapat tentukan langkah berikutnya. Amat disayangkan jika uang itu diselewengkan. Sementara masyarakat Suku Sakai masih banyak yang hidup kurang berkecukupan dan membutuhkan bantuan. Banyak sekali yang bisa dibuat dengan uang sebanyak itu.

Terkait keberadaan uang Rp 1.6 miliar yang diakui masyarakat Sakai belum diketahui keberadaan dan implementasinya di lapangan, Wakil Bupati Bengkalis Drs Suayatno belum mau berkomentar banyak. Menurutnya bila memang anggaran itu ada berarti penganggarannya bukan pada masa pemerintahan HS-Suay, namun pada masa akhir pemerintahan Syamsurizal dan Normansyah.

"Kita akan cek soal anggaran untuk Suku Sakai yang dipertanyakan itu,'' jawabnya, Selasa (21/6) pada wartawan.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar