Senin, 06 Juni 2011

Kebun Karet Akan Direvitalisasi

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUNPEKANBARU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis merencanakan akan melakukan revitalisasi lahan perkebunan karet yang tersebar di Kecamatan Mandau dan Pinggir. Program tersebut terdiri dari perluasan lahan yang berupa lahan-lahan kosong, dan penanaman kembali perkebunan karet milik masyarakat yang sudah tidak produktif.

Total secara keseluruhan diperkirakan sekitar 6 hektar. Data ini belum termasuk lahan-lahan milik masyarakat yang belum tercatat. "Namun, mereka (masyarakat/red)berkeinginan agar lahannya juga direvitalisasi,'' ujar Kadis Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Bengkalis, H Ismail kepada wartawan, belum lama ini.

Dikatakan, rencana program revitalisasi tersebut muncul berdasarkan pertimbangan bahwa sebagian besar perkebunan karet milik masyarakat sudah sangat tua sehingga tidak lagi mampu berproduksi secara maksimal.

Secara statistik tidak diketahui secara pasti berapa total luas perkebunan karet yang sudah berusia sangat tua tersebut. Namun, secara kasat mata bisa dilihat bahwa perkebunan karet yang ada sekarang sebagian besar merupakan kebun turun-temurun, dan berasal dari bukan dari bibit unggul.

''Memang beberapa perkebunan karet milik masyarakat sudah ada juga yang diremajakan dan ditanami karet unggul. Namun jumlah ini tidak sebanding dengan total luas perkebunan karet yang tersebar,'' katanya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar