Rabu, 15 Juni 2011

Sosialisasi BAZ Mandau Disambut Antusias Di SMAN 4 Mandau

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Roadshow sosialisasi pembayaran zakal oleh Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Mandau di SMAN 4 Mandau, Rabu(15/6) kemarin. Kedatangan pengurus BAZ disambut antusias pihak sekolah. Sosialisasi yang dipusatkan di ruang pertemuan sekolah, diikuti sebanyak 40 guru. Beragam pertanyaan seputar zakat diajukan para guru kepada pengurus BAZ.

" Kami sangat menyambut baik kedatangan pengurus BAZ ke sekolah kami. Tidak semua orang tahu tentang zakat, cara pembayaran serta pendistribusiannya. Melalui sosialisasi ini mudah-mudahan pengetahuan kita tentang zakat semakin bertambah," ucap Kepala SMAN 4 Mandau Haem Basrian SPd.

Melalui acara ini, diharap kedepannya guru-guru bisa menyalurkan zakatnya ke BAZ Kecamatan Mandau melalui UPZ sekolah. Meski berharap di sekolahnya dibentuk UPZ, namun Haem tak dapat ambil keputusan tanpa ada kesepakatan dari guru-guru.

Semua dipulangkan kepada guru-guru apakah setuju dibentuk UPZ di sekolah.
Sebab di dalam agama Islam zakat wajib hukumnya bagi yang mampu. Daripada membayar zakat secara perorangan, lebih baik dikumpulkan melalui BAZ. Biar nanti petugas BAZ yang mendistribusikan kepada orang-orang yang berhak.

Sementara itu pengurus BAZ Kecamatan Mandau yang menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi zakat itu di antaranya Drs Syahbuddin Zakaria MA (ketua), Kander Nasution MPdi, Zainal Abidin dan Drs Nasuha. Sama seperti sosialisasi yang sudah dilakukan ke sejumlah sekolah dan instansi pemerintah dan swasta, UPZ menghimbau kepada umat
Islam agar membayarkan zakat apabila sudah sampai nisabnya.

"Kekuatan zakat ini sangat besar apabila disatukan. Orang-orang yang berhak menerimanya akan terbantu, jika pendistribusian zakat tepat sasaran," ucap Kander Nasution.

Tak ada salahnya membayarkan zakat dengan cara diangsur perbulan, agar tidak memberatkan. Bagi guru zakat dapat diambil dari pendapatan gaji. Sudah ada ketentuan presentase zakat, jadi tak usah ragu. Petugas zakat hanya sebagai jembatan penghubung antara muzakki dan mustahik.

"Semoga zakat yang kita berikan membawa berkah baik bagi yang memberi dan yang menerima,'' tutupnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar