Kamis, 02 Juni 2011

Herliyan Janji Percantik Duri

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

BENGKALIS, TRIBUN - Untuk mempersolek wajah Kota Duri yang akan menjadi pusat Transit, Pemerintah kabupaten Bengkalis akan merancang master plan kecamatan Mandau. Tidak hanya itu sejumlah proyek juga akan digulirkan, termasuk rencana pembangunan jalan lingkar kota Duri.

"Tuntutan pembangunan serta kebutuhan masyarakat harus menjadi perhatian pemerintah kedepannyan" ucap Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh pada wartawan kemarin.

Lanjut Herliyan, daerah tersebut adalah kawasan yang padat penduduk, serta menjadi lokasi transit yang strategis. Selain itu Duri juga diakuinya sebagai kota industri dan perdagangan.

Menurut bupati desakan serta kebutuhan infrastruktur yang memamdai adalah kewajaran, karena itu pemkab Bengkalis sedang menyiapkan master plan untuk kota Duri atau kecamatan Mandau maupun kawasan lain di Negeri Junjungan. Diakui bupati kondisi kota Duri kurang teratur dan perlu dibuat sebuah perencanaan matang agar kota tersebut tumbuh dan berkembang seiring dengan kebutuhan.

Disinggung bupati juga soal pembangunan jalan lingkar Duri yang sampai sekarang masih tertunda akan dilakukan kajian ulang terlebih dahulu. Sejumlah kawasan di tengah kota Duri sudah macet oleh aktifitas warga, belum lagi lalu lintas mobil berukruan besar antar kota dan provinsi, membuat kota Duri harus memiliki jalan alternatif.

"Dengan adanya kajian serta studi kelayakan terlebih dahulu, maka akan memudahkan kita membuat perencanaan kedepan, termasuk pengembangan kota Duri," jelasnya.

Selama ini denyut nadi di kecamatan Mandau masih terpusat di kota Duri, padahal kecamatan Mandau cukup luas dengan jumlah penduduk sekitar 300 ribu jiwa, terangnya. Pada kesempatan itu, bupati juga menambahkan, ada beberapa sarana yang sudah dibangun dahulunya, tapi belum termanfaatkan akan dioptimalkan atau dialih fungsikan. Di antaranya, keberadaan terminal antar kota dan antara propinsi (AKAP).

"Terminal itu setelah saya tinjau langsung akan kita manfaatkan sebagai balai latihan kerja (BLK) nantinya, karena terminal AKAP itu mustahil difungsikan. Letaknya sangat jauh dari jalan lintas, kemudian jalan menuju terminal juga tidak memadai sehingga kita upayakan diubah fungsi saja,"tutup Herliyan.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar