Jumat, 24 Juni 2011

Tersangka Mengaku Kelompok Cendana Putih

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Hasil sementara penyidikan Polsek Mandau terhadap tersangka penyulikan yang terjadi Rabu petang, Kapolres Bengkalis melalui Pjs Kapolsek Mandau, AKP I Ketut Gahananta didampingi Humas, AIPTU Joko Utomo mengatakan, pelaku penculikan merupakan jaringan besar. Kepada Tribun, AIPTU Joko mengungkapkan, dari keterangan kelima tersangka yang berhasil diringkus, aksi penculikan ini merupakan latihan perdana, Jumat (24/6).

Layaknya film-film laga mandarin, kelompok ini mengaku sebagai perkumpulan yang pemberi jasa penjagaan khusus, atau yang lebih dikenal dengan istilah 'bodyguard'. Termasuk aksi-aksi yang dilancarkan menyerupai aksi-aksi dalam film tersebut. Lanjut Joko, para tersangka mengaku tak ada motif apapun kecuali untuk melaksanakan latihan perdana.

"Hasil penyidikan sementara belum mengarah pada persaingan bisnis," ucapnya.

Apabila berhasil melancarkan aksinya, para tersangka dijanjikan bonus besar. Tak hanya mendapatkan uang tebusan, namun juga mendapat bayaran dari bos besar di Batam berinisial "B". Kelompok Duri yang berhasil diringkus ini beranggotakan lima orang. Dan mereka menamakan diri sebagai kelompok Cendana Putih.

Sementara ini polisi sedang melacak kebenaran pengakuan tersangka. Pasalnya, tersangka mengaku, dari tiap kota, nama kelompoknya berbeda-beda, namun tetap menginduk pada Batam. AIPTU Joko mengatakan, penelusuran itu akan dilakukan kesegala lini, termasuk bila ada pelatihan khusus komplotan ini.

Pengakuan para tersangka ini tetap tak akan mengkelabuhi polisi dalam pencarian satu tersangka yang belum tertangkap. Beberapa jam setelah penyergapan di Pekanbaru, Polsek Mandau berhasil menciduk dua tersangka lain yakni AA dan YM. Tersangka yang berhasil dibekuk di Pekanbaru yakni FH, RW dan SN. Sementara seorang lagi yang berinisial ED masih buron.

Tak ketinggalan, Joko mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, karena kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, namun juga karena ada kesempatan. Ia berjanji kasus ini akan segera dituntaskan supaya tak meresahkan.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar