Senin, 06 Juni 2011

Bengkalis Jadi Poros Pendidikan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Di sela-sela sidak tinjau kondisi proyek gagal di Duri Sabtu (4/6) silam, Wakil Bupati Bengkalis, Suayatno sempat berseloroh pada wartawan. Dari perbincangan yang terjadi, ia sempat membahas pentingnya dunia pendidikan. Menurutnya, pesatnya kemajuan suatu daerah, kiranya diukur dari perkembangan dunia pendidikan. Tanpa meningkatkan mutu pendidikan, maka tidak jaminan suatu daerah akan berkembang.

Menurut Suayatno, tidak berlebihan kiranya, Kabupaten Bengkalis pantas dan menjadi kiblat pendidikan di Riau. Tatkala semua orang berbincang mengenai pendidikan, maka semua menyorot tentang Bengkalis. Masa pemerintahan Herliyan Saleh dan Suayatno akan meningkatkan kualitas pendidikan.

Menurutnya, hal itu masih terjadi hingga kini. Bila dunia pendidikan di Bengkalis diteliti dan disorot dengan serius, tentunya yang bakal terjadi adalah hilangnya geliat ataupun roh dunia pendidikan di Bengkalis. Bukan hanya pendidikan, hal serupa juga hampir terjadi di setiap sektor yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis ini juga menegaskan, semua ketertinggalan yang dialami Kabupaten Bengkalis, sudah pasti bermuara pada sektor pendidikan. Jika saja ketertinggalan dunia pendidikan itu mampu digenjot dan dikejar, sudah pasti akan berhasil memperbaiki semua sektor. Faktanya, dunia pendidikan diakuinya berpengaruh besar terhadap semua lini.

Di samping itu Suayatno mengatakan, jika suatu daerah ingin memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas, maka pembangunan akan berjalan dengan baik. Untuk apa suatu daerah memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dan kaya, jika SDM yang kita miliki masih dibawah rata-rata.

"Guna mengangkat kandungan mutiara dalam SDA daerah, tentunya dibutuhkan SDM yang berkualitas dan handal," ucapnya.

Menurutnya, Bengkalis memiliki SDA yang melimpah. Bukan hanya itu, Bengkalis juga memiliki daerah yang sangat strategis. Strategis Bengkalis dapat dilihat lantaran berbatasan langsung dengan negara lain yaitu Malaysia. "Sehingga dengan kondisi daerah kita yang strategis ini, maka sangat tepat kiranya Bengkalis dijadikan sebuah kota tujuan pendidikan, agar daerah kita kualitas pendidikannya setara dengan daerah lain yang ada di Indonesia," tutupnya

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar