Rabu, 15 Juni 2011

Tiga Desa di Pinggir Terima Program Pamsimas 2011

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Desa Balai Pungut, Beringin dan Kuala Penaso, Kecamatan Pinggir, Bengkalis tahun 2011 ini, akan terima program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (Pamsimas). Program Pamsimas diluncurkan melalui dana sharing budget atara APBN dan APBD Bengkalis serta swadaya masyarakat. Tahun ini merupakan tahun keempat sejak program ini dilaksanakan sejak tahun 2008 lalu dengan persediaan anggaran mencapai Rp 275 per desa.

"ketiga desa di Pinggir itu akan mendapatkan suntikan dana dari APBN sebagaimana tahun-tahun sebelumnya (reguler)," ucap Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bengkalis Eduar, melalui Pejabat Pembuat Komitmen Bidang Tata Ruang,  H Khairi, kepada wartawan kemarin.

Lanjut Khairi, bersama 12 desa lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis, beberapa desa di antaranya ada yang melaksanakan program ini secara reflikasi. Yakni dalam melaksanakan kegiatannya hanya menggunakan anggaran dari APBD Bengkalis.

Dijelaskan Khairi, total anggaran yang diberikan ke setiap desa ini, mencapai Rp 275 juta per desa. Dana tersebut, dialokasikan dari anggaran APBN sebesar 70 persen dari total anggaran, yakni sebesar Rp 192,5 juta. Kemudian melalui sharing dengan anggaran APBD Bengkalis sebesar 10 persen, atau sekitar Rp 27,5 juta. Selanjutnya melalui swadaya desa setempat sebesar 20 persen.

Khusus alokasi anggaran melalui dana partisipasi masyarakat sebesar 20 persen ini terang Khairi, empat persen di antaranya adalah berbentuk uang, yakni sebesar Rp 11 juta yang diperoleh melalui sumbangan masyarakat. Hal ini dilakukan agar timbul rasa memiliki dari masyarakat itu sendiri terhadap program Pamsimas yang dijalankan.

Sementara 16 persennya (Rp44 juta) lagi adalah berbentuk partisipasi masyarakat, seperti melakukan kegiatan gotong-royong dalam melaksanakan kegiatan ini. "Kita ajak masyarakat bersama-sama bangun desa, supaya mendapat kelayakan hidup," lanjutnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar