Senin, 20 Juni 2011

Manfaatkan Kesempatan Sebaik-baiknya

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

BENGKALIS, TRIBUN - Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh mengatakan, Pekan Nasional (Penas) dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penas KTNA ke XIII 2011 diselenggarakan di stadion Aji Imbut, Tenggarong, Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (18/6). Herlian berpesan pada seluruh kalangan yang mengikuti acara empat tahunan ini untuk lebih serius dalam mengikutinya.

Acara ini mempertemukan petani, nelayan, pemerintah, dan pengusaha. Menurutnya acara ini sangat penting bagi pembangunan Kabupaten Bengkalis. "Saya harap, pihak-pihak yang mengikuti acara ini dapat mengambil manfaat untuk diterapkan di Bengkalis," ucapnya setelah mengikuti acara pembukaan.

Kegiatan Penas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani, nelayan dan pelaku bisnis. Dapat diperoleh manfaat pembangunan sistem bisnis yang berdaya saing. Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan ini mengajarkan bagaimana menjalin kemitraan yang saling menguntungkan.

"Petani, nelayan kita berkesempatan untuk saling mengisi dalam upaya untuk memperkuat kepemimpinan agribisnis, sehingga dapat pula memberikan motivasi baru kepada petani nelayan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan sumber daya alam pertanian di daerah masing-masing", jelasnya.

Menurut Kabag Humas Kabupaten Bengkalis, Agus Rizal, dalam kegiatan yang di buka Wapres, Budiono ini, Bengkalis mengirim 52 kontingen. Peserta terdiri dari peserta utama 25 orang utusan 8 kecamatan, peserta pendamping 16 orang utusan instansi teknis terkait, dan 11 orang peserta peninjau. Selain itu, hadir pula pengurus KTNA Bengkalis, ketua, H Arwan Mahidin, Wakil ketua H Heru Wahyudi, dan Sekretaris Sofyan.

Pejabat Pemkab Bengkalis yang ikut mendampingi Bupati Bengkalis yakni, Asisten Perekonomian Pembangunan, Azwar. Selain itu, kepala Badan Ketahanan Pangan, Darmawi, Kadis Kelautan dan Perikanan, yang diwakili beberapa Kepala Bidang. Kadis Pertanian dan peternakan, Ahmad Ramli, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, diwakili Sekretaris, Sofyan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Jondi, dan Kasubbag Protokol, Ahmad Effendi.

Pembukaan Penas KTNA XIII tahun 2011 kemaren berlangsung meriah. Kontingen Kabupaten Bengkalis mengenakan seragam batik. Selain itu KTNA dihadiri sekitar 30.000 peserta dari dalam negeri maupun sejumlah negara yang tergabung dalam ASEAN dan Jepang tumpah ruah di gelanggang olahraga (GOR) Aji Imbut Tenggarong Seberang.

Dalam Penas yang akan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 18 hingga 23 Juni 2011, Seluruh peserta akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan yaitu, pelatihan kepemimpinan dan kemandirian. Diharapkan kontak tani, nelayan bisa menjalin kemitraan usaha dan jaringan informasi agribisnis.

Selain yang disebutkan di atas, peserta akan mendapatkan pelatihan pengembangan teknologi, kualitas produksi agribisnis, pengembangan wirausaha petani, nelayan dan kesadaran lingkungan. Untuk itu diperlukan sinkronisasi program pembangunan pertanian pusat dan daerah.

Selain beragam kegiatan yang diikuti, ada pula pameran produk unggulan pertanian daerah yang ditampilkan. Kabupaten Bengkalis memamerkan lempuk durian, dodol nenas, selai durian, telur ikan terubuk, gula kepala, ikan salai, terasi, dan udang pepai. Ditampilkan pula teknologi green energi alternatif yang berasal dari batang mangrove nipah ethanol yang merupakan unggulan pengembangan kabupaten Bengkalis untuk sektor energi alternatif ke depan.


_______
Caption foto
SERIUS. Asisten Perekonomian Pembangunan H Azwar, SE, MM, Kadis Pertanian, Ir Ahmad Ramli, dan Kepala Bappeda, Jonni, serius mengikuti pembukaan PENAS KTNA XIII Tahun 2011 bertempat di stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, Sabtu (18/6). FOTO HUMAS PEMKAB BENGKALIS
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar