Rabu, 29 Juni 2011

Kamarudin Kawal Langsung PPDB Mandau

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Mandau setiap tahunnya selalu diwarnai penumpukkan pendaftar di satu atau dua sekolah saja. Sekolah lain terkesan tidak jadi prioritas. Hal ini bagaikan tradisi di kecamatan Mandau. Hingga hari kedua kemarin, untuk tingkat SMA ribuan formulir sudah beredar.

Permintaan formulir di SMAN 1 Mandau lebih dari 600 lembar. Sedangkan permintaan formulir di SMAN 2 Mandau telah mencapai 900 lembar lebih. Di SMAN 3 Mandau telah lebih dari 500 lembar. Dan di SMAN 4 Mandau sekitar 350 formulir. Demikian dikatakan Kabid SMA Dinas Pendidikan Bengkalis, Kamarudin saat ditemui wartawan di SMAN 4 Mandau.

"Pantauan saya, PPBD berlangsung aman. Namun seperti biasanya mereka masih berebut ke sekolah sekolah yang dianggap favorit seperti SMAN 2 dan SMU 1 Mandau," ucapnya.

Namun ia menjelaskan, kuota penerimaan kali ini sangat transparan dan terbuka, jadi berlangsung lebih tertib dan aman dari tahun sebelumnya. Menjawab soal penumpukan siswa di Mandau bahkan tidak tertampungnya siswa di SMAN, anggota komisi II DPRD Bengkalis, Nanang Haryanto SE mengatakan, selayaknya penambahan sekolah baru dilakukan di Kecamatan Mandau.

"Tidak bisa tidak, tahun 2012 kelak harus sudah ada 3 SLTP dan 2 SMA Negeri lagi yang dibangun di Mandau. Jika tidak demikian, maka
siswa akan terus menumpuk di satu atau dua sekolah," jelasnya.

Menurutnya, hal itu merupakan satu-satunya solusi yang bisa dilaksanakan. Tak ada siasat lain untuk menghindari kondisi ini terus terjadi. Ia memrediksi tahun ini tidak akan berubah dibanding tahun lalu.

Orang tua murid jelas akan melakukan upaya untuk memasukan anak mereka ke sekolah sekolah terdekat dalam kota. Bisa jadi suasana over kapasitas kembali terjadi, meski sudah diizinkan penambahan 10 persen untuk warga sekitar sekolah. Pemerintah kabupaten Bengkalis diharap serius dengan penambahan sekolah baru di Kecamatan Mandau.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar