Selasa, 14 Juni 2011

Bersiap Hadapi Simulasi Pemadaman Kebakaran

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Warga Duri diharapkan jangan ada kepanikan ketika besok melihat terjadi kebakaran hebat di jalan Hang Tuah. Kobaran api tersebut sengaja diciptakan untuk melatih kesiapan seluruh warga Duri hadapi peristiwa kebakaran. Kasi Trantib kecamatan Mandau, Amirudin mengatakan, hari Kamis (16/6) akan lakukan simulasi pemadaman kebakaran.

Menghadapi musim kemarau, Amir merasa perlu beri edukasi pada masyarakat, hadapi peristiwa kebakaran yang mengancam setiap saat. Menurutnya, terkadang masyarakat masih banyak yang mengalami kepanikan dalam menghadapinya.

"Musim kemarau ini, biasanya banyak terjadi kebakaran, maka dari itu, demi menjaga keselamatan masyarakan Duri, kita perlu memberikan edukasi bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam taklukkan api yang berkobar," ucapnya.

Salah-salah menghadapi kobaran api, bisa mengancam keselamatan jiwa. Dalam simulasi yang akan digelar Kamis esok, Amir perlihatkaan bagaimana keefektifan pemadaman kebakaran. Selain itu, tindakan apa saja yang harus dilakukan saat penyelamatan jika ada yang terjebak dalam kobaran api.

Dalam simulasi tersebut, akan menurunkan seluruh unsur pimpinan kecamatan Mandau Pinggir. Selain itu, Amir akan mengundang tokoh masyarakat dan terbuka bagi seluruh elemen masyarakat yang ingin menyaksikan proses simulasi.

"Simulasi ini sangat penting, mengingat jumlah penduduk Mandau yang terbilang cukup padat, apalagi sebentar lagi kita akan sambut bulan puasa," ucapnya.

Menurutnya, kala memasuki bulan puasa, masyarakat diminta lebih hati-hati dalam menggunakan peralatan dapur dan listrik. Dalam bulan puasa, aktifitas masyarakat akan lebih banyak dihabiskan untuk beribadah, bila sedikit saja teledor dalam menggunakan api, bisa menghanguskan semuanya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar