Kamis, 15 September 2011

Besok Pengurus IKJR 8 Kecamatan Dilantik di Mandau

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Pengurus Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) 8 Kecamatan se-kabupaten Bengkalis akan dilantik Sabtu (17/9) besok malam oleh ketua umum DPP IKJR Riau Suryadi Khusaini. Pelantikan pengurus yang diketuai oleh Rianto ini dipusatkan di lapangan koramil 06 simpang pokok jengkol Kecamatan Mandau.

Rianto mengatakan, hingga Kamis kemarin persiapan pelantikan sudah hampir rampung termasuk mempersiapkan lokasi pelantikan, penyebaran undangan dan lain sebagainya. Dalam pelantikan nanti juga akan hadir ketua IKJR dari Kabupaten Kampar.

Datang juga IKJR Kota Madia Dumai dan IKJR dari Malaysia (Warga Negara Malaysia keturunan Jawa). Selain itu juga pengurus-pengurus DPP IKJR, Pemkab Bengkalis, pemerintah kecamatan, unsur Upika , Anggota DPRD Bengkalis serta para undangan dan masyarakat. 

"Kita optimis kegiatan pelantikan ini bakal dihadiri ribuan warga Jawa dari 8 kecamatan di Kabupaten Bengkalis, terlebih lagi ini merupakan momen yang sangat berharga bagi warga-warga Jawa yang ada di Kecamatan Mandau dan Pinggir, serta daerah lainnya,'' kata Rianto yang juga pada Tribun, Kamis (15/9).

Menurutnya, kegiatan pelantikan ini dipusatkan di Kecamatan Mandau. Tujuannya untuk memperkenalkan organisasi IKJR kepada masyarakat luas. Terlebih lagi di Kecamatan Mandau dan Pinggir, mayoritas penduduk yang berdomisili di daerah ini adalah warga-warga Jawa yang sudah lama menetap.
''Selain itu, sebagai upaya guna memasyarakatkan dan mendekatkan wadah organisasi ini dengan masyarakat yang ada di kecamatan-kecamatan,'' lanjutnya.

Tambahnya, selain kegiatan pelantikan pengurus nantinya masyarakat akan dihiburkan dengan wayang kulit semalaman. Pertunjukkan ini merupakan kesenian khas warga Jawa. Selain mengenalkan kebudayaan leluhur, pihaknya juga bermaksud untuk melestarikan budaya bangsa yang telah diakui dunia.

"Kita mengimbau agar seluruh warga Jawa tetap mengedepankan persatuan dan semangat kekeluargaan. Dengan visi dan misi kita membangun solidaritas orang jawa untuk menghadapi era globalisasi dalam melestarikan budaya bangsa dan agama,"tutup Rianto.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar