Selasa, 27 September 2011

Tasarjon Cari Lokasi Kantor Lurah Yang Lebih Layak

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, dan menciptakan suasana kerja yang nyaman, dibutuhkan sebuah kantor yang memadai dan representatif. Untuk yang satu ini Kelurahan Balik Alam belum memilikinya. Karena selama ini pelayanan pemerintahan masih menggunakan rumah toko (ruko) di Jalan Mawar.

Kantor lurah yang ada saat ini dinyatakan tak layak lagi dipakai. Mengingat begitu tingginya aktifitas pelayanan. Untuk tempat duduk pegawai saja tak ada lagi ruangan. Belum lagi bila raskin datang. Terpaksalah pegawai kelurahan bersempit-sempit. Ruko ini sudah milik pemerintah kelurahan.

"Ironisnya, sejumlah kelurahan dan desa telah dibuatkan kantor yang megah oleh pemda, kenapa Balik Alam masih di ruko,'' ujar Lurah Balik Alam Tasarjon, Selasa (27/9).

Usaha yang ia tempuh saat ini agar usulan pembangunan kantor kelurahan baru bisa terealisasi secepat mungkin. Satu diantaranya ia meminta dukungan dari seluruh komponen masyarakat Balik Alam. Kemudian mengharapkan anggota Dewan melobi pemkab agar memriorotaskan hal ini.

Bila usulan tersebut dimasukkan dalam musrenbang ia khawatirkan lambat terealisasi. Sementara kebutuhan akan kantor baru sangat mendesak. Agar tidak ada kecurigaan mengenai harga tanah, dia minta pada pemilik tanah dan disaksikan LKMK, ketua RT serta ketua RW setempat membuat segel untuk diajukan kepada pemerintah.

"Yang ditakutkan itukan ada mark-up harga. Di sini kita akan transparan, karena kantor ini untuk masyarakat juga,'' imbuhnya.

Tasarjon pesimis di jaman sekarang ini, apalagi di tengah kota ada orang yang mau menghibahkan tanah untuk lokasi perkantoran. Namun ia akan berusaha mencari tanah yang relatif murah dengan meminta partisipasi masyarakat.

"Memang sudah mencari lokasi kantor di tengah kota. Apalagi untuk sebuah kantor pemerintahan membutuhkan lahan yang memadai. Sementara Balik Alam persis berada di tengah kota yang lahannya sangat terbatas. Mudah-mudahan secepatnya lokasi bisa didapat,'' paparnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar