Rabu, 21 September 2011

Peningkatan Mutu Tidak Melalui Kompetisi

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang dibentuk UPTD Pendidikan Mandau belum menunjukkan kinerja. K3S tingkat SMA sederajat, Drs Akmal saat ditemui Tribun dikantornya mengatakan, belum menyusun program di tahun ini. Sementara, Kelapa UPTD Pendidikan Mandau, M Rasyid, mengatakan, untuk pengembangan mutu pendidikan di Kecamatan Mandau, sudah diamanatkan pada K3S.

Kosentrasi kerja UPTD Mandau, hanya menunggu intruksi dari atasan. Dan untuk sementara, kosentrasi kerjaan yang diintruksikan hanyalah penyelenggaraan pendidikan kondusif bagi warga Mandau. Keterbatasan kuota sekolah negeri, terus menjadi sorotan warga. Bila UPTD Pendidikan Mandau tak bisa menyelenggarakan pendidikan memadahi bagi masyarakat maka ditakutkan, muncul penilaian negatif terhadap kinerja.

Namun untuk pengembangan mutu pendidikan, Rasyid mengatakan, menyerahkan sepenuhnya pada K3S. Menurutnya, K3S bsa saling berkoordinasi untuk membangun mutu pendidikan di Mandau.
"Pengembangan mutu dan prestasi siswa bisa dikoordinasikan antar kepala sekolah di dalam K3S. Mungkin dari koordinasi yang dilakukan, bisa menyelenggarakan kompetisi bagi siswa," lanjutnya.

Namun saat dikonfirmasikan ke ketua K3S tingkat SMA sederajat, Akmal mengatakan, dibentuknya K3S bukan untuk menghadirkan kompetisi. Inti dari kerja K3S menurut Akmal adalah kebersamaan. Ucapnya, koordinasi yang kami bangun yakni untuk kebersamaan.

Lanjutnya, biasanya, bila ada pelatihan guru di Pekanbaru atau Jakarta, melalui K3S langsung dilakukan pengkoordiniran siapa-siapa saja yang akan mewakili Mandau. Bila menghadirkan kompetisi antar siswa sudah bukan program K3S. Hal-hal seperti itu biasanya dilakukan Dinas Pendidikan.

"Peningkatan mutu bukan dilakukan dengan berkompetisi, justru dapat menimbulkan suatu persaingan. Sedangkan peningkatan mutu yang kami lakukan sebatas koordinasi antar guru dan diterapkan di masing-masing sekolah," paparnya.

Minggu lalu tepatnya, Selasa (13/9) Rasyid mengumpulkan semua anggota K3S di Gedung Pertemuan kantornya. Tujuan dari pertemuan itu untuk memberikan motivasi dan arahan kepada K3S berperan aktif meningkatkan prestasi di tiap sekolah. Lanjutnya, kemajuan dalam pendidikan bukan hanya dilihat dari peningkatan kuantitas penyelenggaraan pendidikan bagi masyarakat Mandau. Namun juga dinilai dari tingkat kualitas atau mutu.

"K3S ini harus diberdayakan sebaik mungkin. Jangan hanya sekedar wadah saja tanpa ada kegiatan yang berarti. Sejauh ini K3S baik itu
SD, SMP dan SMA sudah berfungsi sebagaimana mestinya, namun ke depannya harus ditingkatkan lagi,'' ujar Rasyid.

Dalam kesempatan itu para kepala sekolah diberikan kesempatan menyampaikan pendapat dan pemikirannya terkait sekolah masing-masing. Momen ini sekaligus menjadi bahan bagi Rasyid untuk mengevaluasi kinerja K3S. Dari evaluasi yang dihasilkan, diharapkan K3S bisa mempercepat kemajuan mutu pendidikan di Mandau.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar