Kamis, 15 September 2011

Suplai Air PDAM Akan dilakukan Bertahap

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Untuk mengatasi permasalahan kelangkaan air bersih di Kecamatan Mandau, PDAM Bengkalis melakukan langkah-langkah perbaikan. Belakangan masyarakat banyak mengeluh dengan pelayanan yang diberikan. Keluhan itu tak hanya disebabkan kurangnya suplai air bersih, namun juga kualitas yang buruk.

Hal ini sesuai dengan statemen Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh baru-baru ini. PDAM Bengkalis langsung membuat langkah kongkrit untuk memperbaiki permasalhan air di Duri dan sekitarnya. Direktur Utama PDAM Bengkalis, Nova Novianti mengatakan, jika pihaknya sudah mengetahui beberapa permasalahan dasar penyebab krisis air di Kecamatan Mandau.

Menurutnya, kelangkaan itu disebabkan keterbatasan sumber air baku. Maksudkannya, sumber air baku yang dimiliki Mandau berasal dari sungai Rangau jumlahnya terbatas. Debit air yang dikumpulkan di waduk 125 milik Chevron, tak mencukupi bila dibandingkan dengan konsumsi air warga Duri.

Debit air yang dialirkan ke PDAM sekitar 90 sampi dengan 100 liter perdetik. Itu tidak sepadan dengan jumlah pelanggan yang berjumlah sekitar 8666 sambungan.
Lanjutnya, permasalahan sekarang terjadi karena sekitar 2000 pelanggan yang berdomisili di daerah Sebanga sering tidak mendapatkan pelayanan akibat aktifitas penggunaan masyarakat yang banyak.

Selain itu, sebagian masyarakat yang bukan pelanggan melakukan pengambilan air di sekitar tekanan air yang besar milik PDAM secara diam-diam. Namun pihaknya sudah melakukan langkah-langkah perbaikan dengan membaginya dalam dua skala panjang dan pendek.

Untuk jangka pendek, pihak PDAM akan melakukan pengaturan  jadwal aliran air secara bergilir untuk wilayah Sebanga dan Simpang Padang, Duri dan melakukan penambahan kapasitas air yang sebelumnya perlu dibicarakn dulu dengan pihak Chevron.
Untuk jangka menengah, Pihak PDAM akan mengajukan permintaan alternatif sumber air baku dan transmisi distribusi air baku. Tentunya dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat.
  
Masih menurut Nova, dirinya sudah melakukan peninjauan dengan turun langsung ke Duri dan telah melakukan tindak lanjut seperti pengaturan jadwal disrtribusi  secara bergilir hingga melakukan pertemuan dengan pihak Chevron membahs permasalhan air bersih ini guna mendapatkan penambahan kapasitas air baku.

'' Untuk meningkatkan pelayanan kita ke konsumen, kita sudah melakukan peninjauan langsung ke Duri, sampai melakukan pertemuan dengan pihak Chevron untuk membahas penambahan kapasitas air baku ke PDAM cabang Duri,'' ujarnya.

Untuk itu dirinya selaku pimpinan PDAM Bengkalis, meminta kepada masyarakat agar dapat bersabar dan mempercayai PDAM yang sedang berupaya melakukan perbaikan ke segala lini untuk pencapaian yang terbaik untuk kepuasan masyarakat Duri.  

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar