Senin, 26 September 2011

Senag Mendapat Beasiswa

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Peserta didik kelas XI jurusan Akuntasi, SMK Korpri, Hary Hermansyah mengaku sangat bersyukur kala mendapat beasiswa. Beasiswa miskin yang ia dapat akan digunakan untuk membatu membayar SPP tiap bulan. Siswa berusia 17 tahun ini berjanji akan sekolah lebih giat. Beasiswa yang ia dapatkan yakni dari pemerintah provinsi Riau.

Meski nilainya tak seberapa, namun ia tetap mensyukuri apa yang didapat. Anak seorang buruh pabrik ini mengaku baru kali pertamanya mendapat beasiswa semenjak menginjak sekolah tingkan menengah atas. Ia berharap, dengan adanya beasiswa ini juga bisa menunjang kemajuan pendidikan Indonesia.

"Namanya saja beasiswa pendidikan, maka dari itu harus digunakan sebaik-baiknya untuk menunjang kemajuan pendidikan," ucapnya, Senin (26/9).

Dalam kesempatan itu, SMK Korpri menyerahkan beasiswa dari pemkab Bengkalis dan pemprov Riau. Sebanyak 11 siswa kurang mampu mendapat bantuan dari pemkab Bengkalis. Dan 20 peserta didik dapat beasiswa dari pemprov Riau.

Kepala SMK Korpri, Zulfikar SPd mengatakan, penyerahan beasiswa yang dilakukan ini disaksikan langsung orangtua peserta didik. Zulfikar mengatakan, skema ini dilakukan demi transparansi dan diketahui orangtua.

"Kami pernah menjumpai kasus, beasiswa yang diserahkan sekolah, ternyata tak diketahui orangtua peserta didik. Sementara, peserta didik tersebut masih meminta pembayaran SPP sesuai yang ditentukan sekolah. Padahal dari beasiswa tersebut, pembayaran SPP telah melalui pemotongan," lanjutnya.

Tiap tahun pemkab Bengkalis dan pemprov Riau memberikan beasiswa bagi peserta didik kurang mampu. Pada tahun ini SMK Korpri menyalurkan beasiswa sebesar Rp 400 ribu dari pemkab Bengkalis. Sementara dari pemprov Riau, Rp 390 ribu per semester.

Dari beasiswa ini, Zulfikar berharap dapat memicu semangat belajar anak didiknya. Diharapkan juga dapat membantu meringankan beban pendidikan yang harus ditanggung orangtua. Dalam hal ini, Hary merasa sangat terbantu. Karena, beban hidup yang cukup besar, Hary merasa prihatin dengan usaha yang dilakukan kedua orangtuanya.

"Orangtua saya harus menanggung beban pendidikan enam orang anak. Maka dari itu, saya sangat senang mendapat beasiswa ini," ucap akan ketiga dari enam bersaudara.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar