Minggu, 07 Agustus 2011

Al Quran Saku Paling Banyak Dicari Selama Ramadan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang baik untuk beribadah. Hal ini yang menyebabkan penjualan kitab suci Al Quran di lapak yang dapat dijumpai di Pasar Sartika, Duri, Bengkalis, meningkat sejak awal puasa lalu. Jenis Al Quran saku paling banyak terjual. Namun, Al Quran model baru tetap jadi incaran.

Sejumlah pedagang Buku mengatakan pembelian Al Quran pada bulan puasa kali ini lebih menonjol. Tahun lalu jumlah penjualannya terbagi dengan buku-buku bacaan tentang Islam.

"Tahun ini nggak ada judul buku Islam yang baru, apalagi yang jadi terkenal," kata Amrizal, pemilik salah satu kios penjual buku, saat ditemui Tribun, Minggu, 7 Agustus 2011 kemarin.

Dibanding hari biasa, omzet penjualannya di minggu awal bulan puasa ini menjadi tiga kali lipat. Setiap hari rata-rata terjual lebih dari 100 eksemplar buku berupa Al Quran, tafsir, dan terjemahan. Al Quran saku yang paling laris. Karena sekolah mewajibkan muridnya membawa dan membaca Al Quran.

Adapun pembelian Al Quran menggeser buku-buku motivasi seperti buku bisnis Islami oleh Ipho Santoso yang marak selama sebulan sebelum puasa. Menurut pedagang buku ini, jenis Al Quran model baru kini sedang bersaing dengan harga ketat.

Sejak buku Al Quran berjudul Miracle the Reference diterbitkan Sammil Al Quran tiga tahun lalu, kata dia, buku-buku Al Quran sejenis banyak dimunculkan berbagai penerbit. Harganya bersaing hingga sangat miring.

Miracle the Reference tak seperti kitab suci konvensional. Di dalam buku yang cukup tebal dan lebar itu Al Quran dilengkapi dengan 22 keunggulan seperti tajwid atau cara membaca kitab suci, tafsir, terjemahan, dan hadis terkait. Buku seharga Rp 330 ribu itu juga dilengkapi peta perjalanan siar agama Islam dan cakram padat. Benda itu seperti menggantikan peran ustad yang mengajarkan cara membaca Al Quran dengan baik dan benar.

"Ada warna-warna pembeda bacaan di tiap halaman surat Al Quran," katanya.

Penjualan Al Quran, juga buku tafsir Quraish Shihab, di tokonya mencapai 200 buku setiap hari. Al Quran model baru itu ada juga yang dibanderol Rp 100 ribu.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar