Jumat, 26 Agustus 2011

Pawai Takbir Tanpa Hadiah

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, malam Hari Raya Idul Fitri di kecamatan Mandau tetap akan diisi dengan kegiatan pawai keliling kota, yang diikuti masing-masing kelurahan dandesa. Namun pada tahun ini nampak berbeda, karena kontingen kelurahan dan desa terbaik hanya akan mendapatkan tropi bergilir dari camat Mandau, tanpa ada hadiah lainnya.

Ketika dikonfirmasikan soal dihapuskannya hadiah untuk pemenang pawai takbir, Ketua Panitia Pawai Takbir Idul Fitri 1432 H, Carles membenarkannya. Ia mengatakan, ketetapan itu diambil atas keputusan bersama pihak Upika, dan pihak terkait lainnya.

"Awalnya kita memang berharap ada uang pembinaan yang diberikan kepada kontingen
kelurahan dan desa terbaik. Sebagai bentuk penghargaan dan memotivasi agar tahun depan tampil lebih baik. Pemberian hadiah dibatalkan karena ada hal-hal lain yang lebih penting. Hanya trophy camat Mandau saja,'' ujarnya, Jumat (26/8) kemarin.

Biasanya, tambah Carles, pihak kelurahan dan desa akan menerjunkan kontingen atas nama masjid atau mushalla. Di mana setiap kontingen diberikan kebebasan berkreasi menampilkan yang terbaik. Kreatifitas dan kekompakan menjadi penilaian untuk memilih kontingen terbaik.

"Nanti akan ada mobil hias berikut asesorisnya, serta tim takbir, yang mengumandangkan takbir di sepanjang rute yang ditentukan. Tim penilai akan mengikuti kontingen dari star sampai finish. Kemudian diumumkan kontingen terbaik,'' ungkapnya.

Rute yang akan dilalui pawai takbiran, yaitu Simpang Pokok Jengkol-Sudirman-Simpang Geroga-Hangtuah-Simpang Pokok Jengkol. Kemeriahan tahunan ini juga akan diikuti masyarakat umum lainnya yang turut bergabung dalam iring-iringan hingga usai.

"Meski tak ada hadiah, kelebihan tahun ini, seluruh biaya keperluan pawai ditanggung
pihak kelurahan/desa masing-masing. Jadi pihak masjid/mushalla tidak akan diberatkan biaya persiapan pawai takbir,'' tukas Carles.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar