Selasa, 02 Agustus 2011

Perusahaan Diminta Bayar THR Lebih Awal

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBU - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bengkalis kirimkan surat edaran menteri tenaga kerja ke sejumlah perusahaan, Selasa (2/8). Surat edaran tersebut berkenaan dengan imbauan pada pengusaha untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan. Demikian dikatakan kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bengkalis, Jono Syafrizal kepada wartawan.    

"Hari ini kita kirimkan surat edaran ke seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Surat edaran tersebut berkenaan dengan THR dan pembayarannya menjadi kewajiban perusahaan terhadap pekerjanya. Itu merupakan edaran mentri," jelas Joni Syafrizal.    

Dikatakannya, sesuai aturan memang pembayaran THR dilakukan sebelum hari raya. Namun bagi perusahaan yang membayar lebih awal justru akan lebih baik. Dan THR yang diberikan harus sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku dan tidak boleh dikurangi dari ketentuan. 

Lanjutnya, kalau ada yang membayar lebih awal, alangkah lebih baik. Namun jangan di kurangi hak pekerja, sebab ada ketentuan yang berlaku. Ia mewajibkan perusahaan membayarkan sesuai ketentuan.    

Statemen Joni tersebut disambut baik karyawan PT Scomi, Arif (22). Ia mengharapkan hal itu bisa direalisasikan. Menurutnya kebutuhan hidup jelang hari raya biasanya membengkak. Lanjutnya, untuk ongkos pulang kampung juga membutuhkan biaya besar.

Menjawab lemahnya kinerja dinas tenaga kerja Kabupaten Bengkalis, apalagi sibuk dengan urusan pindah kantor ke Duri. Joni Syafrizal tidak menyangkal hal ini. Ia mengayakan, sebagai pejabat yang baru beberapa hari menduduki jabatan ini, akan segera melakukan pembenahan internal.    

Persoalan pengawasan yang lemah, hal ini diakuinya. Saat ini tenaga pengawas hanyalah tinggal dua orang saja karena dua lagi sudah di mutasi. Untuk menjadi pengawas pun ada aturan perundang undagangan yang harus dipenuhi. Seorang pegawai harus memenuhi kriteria demikian.    

"Persoalan pengawasan, saya akui memang banyak keterbatasan karena kurangnya personil. Namun kita akan benahi internal lebih baik. Hingga masalah ketenagakerjaan ini tidak lagi menjadi polemik yang berkepanjangan," terangnya.    

Persoalan kantor di Mandau, ia mengatakan akan segera tinjau lokasi. Ia juga mengaku akan tinjau urusan tenaga kerja di pulau Rupat. Dan tak ketinggalan lakukan peninjauan di sungai pakning. Di tempat-tempat tersebut juga ada permasalahan tenaga kerja yang mesti dibenahi.

"Pembenahan akan dilakukan maksimal hingga tercapai segera apa yang menjadi program Bupati Bengkalis," tutupnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar