Minggu, 21 Agustus 2011

BAZ Mandau Salurkan Rp 80 Juta Untuk Ratusan Mustahik

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Zakat yang terkumpul dari para pembayar zakat sebanyak Rp 80 juta, Jumat (19/8) lalu dibagikan Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Mandau, kepada ratusan mustahik. Penyaluran zakat tersebut dilaksanakan di Masjid Raya Arafah, ba'da Jumat. Pengurus BAZ berharap mustahik tidak menilai zakat yang diterima itu dari segi jumlahnya, namun pandanglah keikhlasan muzakki yang telah menyisihkan 2,5 persen
hartanya di jalan Allah SWT, sesuai dengan tuntunan Islam.

"Selain penyaluran zakat hari ini, sebelum-sebelumnya nya kita juga sudah banyak menyalurkan zakat langsung kepada mustahik yang berhak menerima. Zakat itu ada dalam bentuk konsumtif, produktif dan pendidikan. Sementara zakat senilai Rp
80 juta adalah zakat yang terkumpul sejak periode kepengurusan BAZ yang baru, Januari sampai Agustus 2011,'' ujar Ketua BAZ Kecamatan Mandau Drs Syahbuddin Zakaria MA.

Pada kesempatan itu turut hadir Kepala KUA Mandau Carles MA, Camat Mandau yang diwakili Ahmad dan sejumlah tokoh masyarakat. Mustahik yang menerima zakat kali ini sebanyak 276 fakir miskin yang diambil 3 orang dari lingkungan sebanyak 86 masjid-mushalla di Mandau. Lalu 28 orang mualaf dan 105 siswa tak mampu.

Tahun depan ia berharap zakat yang terkumpul bisa ditingkatkan. Karena kita melihat potensi zakat di Mandau cukup besar. Seorang muslim yang baik adalah mereka yang mau mengeluarkan zakatnya. Sebaik-baiknya penyaluran yaitu lewat UPZ dan BAZ. Karena lembaga ini memiliki data-data mustahik yang berhak menerima.

Sementara itu, Sri Hartini usai menerima zakat dari pengurus BAZ tak dapat menutupi kegembiraannya, karena memang saat ini ia sangat membutuhkan uang untuk keperluan menjelang Lebaran. Ibu umur 40-an itu rencananya akan memakai uang Rp 100 itu, untuk membeli bahan-baha, sembako.

"Saya mengucapkan terima kasih sekali kepada BAZ yang telah memberikan zakat ini. Semoga mereka yang mengeluarkan sebagian
rejekinya di jalan Allah SWT, akan mendapat balasan nikmat dan rejeki yang melimpah. Kemudian, hendaknya di tahun-tahun berikutnya, semakin banyak masyarakat susah yang menerima zakat seperti ini,'' ujarnya Sri didampingi mustahik lainnya Marsaulina dan Ihwan Saleh.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar