Senin, 08 Agustus 2011

Empat Langkah Pertumbuhan Versi Herliyan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh kepada media memaparkan empat langkah menuju pertumbuhan versinya sendiri. Beberapa waktu lalu, ia mengatakan memiliki ada empat jurus pendekatan yang dapat memacu pertumbuhan industri di daerah. Konsep ini lahir dari pemikirannya sendiri dan hasil diskusi dengan para pembantunya di pemerintahan.

Jurus Pertama, ia mengatakan, membuat sentralisasi lokasi pembangunan industri. Sentralisasi ini dititikkan pada wilayah yang memiliki potensi keunggulan kompetitif. Wilayah ini besar karena pembangunan pusat-pusat pertumbuhan industri (growth center). Menurutnya kala kampanye tahun lalu, kota Duri disebut-sebut cocok untuk penerapan jurus pertama.

"Pendekatan ini dilengkapi dengan mengembangkan cluster industri dan pengembangan kompetensi inti industri daerah, serta dilakukan secara terpadu dengan sektor ekonomi lainnya," ujarnya.

Jurus Kedua, yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia di area pusat industri. Yakni dengan meningkatkan kemampuan masyarakat di lokasi industri. Hal ini perlu didorong dengan adanya investasi di bidang pendidikan dengan didukung fasilitas yang diberikan pemerintah dan swasta.

Langkah ini akan memberikan dampak positif bagi pembangunan industri. Selain itu menurutnya, kegiatan industrialisasi akan semakin efisien dan efektif. Secara langsung dapat memberikan dampak positif bagi daerah setempat.

Langkah Ketiga, yakni peningkatan investasi di sektor industri. Supaya kegiatan industri terus bergairah, perlu mendapat stimulus dari pihak luar. Baik itu dilakukan oleh pemerintah maupun swasta. Untuk peningkatan investasi di sektor industri, maka akan membutuhkan investasi infrastruktur yang memadahi untuk kegiatan industri. Hal ini bisa dilakukan oleh pemerintah daerah dan swasta.

"Langkah terakhir adalah peningkatan penguasaan pasar dalam negeri melalui upaya pemanfaatan produk dalam negeri, baru penguasaan pasar internasional," tandasnya.

Potensi yang belum banyak diperhatikan secara serius oleh pelaku industri yakni bidikan pasar lokal. Pelaku industri lebih banyak membidik pasar internasional hanya karena keberanian harga. Sebaliknya, pelaku industri bersama-sama pemerintah sebaiknya memberikan edukasi pada pasar lokal untuk lebih mencintai produk dalam negeri.

Jumlah masyarakat yang tak sedikit, bisa menjadi target pasar awal para pelaku industri lokal. Jangan terburu-buru mengejar ekpor keluar negeri, justru pasar dalam negeri dikuasai asing.

Dari data yang ia miliki secara keseluruhan, sektor perindustrian menyumbang 1,6 persen dari total 6,49 persen pertumbuhan ekonomi di daerah. Jumlah tersebut sama dengan yang disumbangkan oleh sektor perdagangan, hotel, dan restoran. Sementara, sektor pengangkutan dan komunikasi menyumbang satu persen, serta sektor lainnya menyumbang di bawah satu persen pada pertumbuhan ekonomi di Bengkalis.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar