Selasa, 09 Agustus 2011

Bertani Mengantarkan Vera Ke Istana

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Kaum hawa yang terkenal lembut ternyata bisa torehkan prestasi pertanian. Penyuluh dan pendidik kelompok tani Desa Kesumbo Ampai, Mandau, Bengkalis, membuahkan hasil dua kali panen salam setahun. Sawah seluas 30 hektar ini sukses panen berkat sentuhan tangannya. Itulah yang menyebabkan Presiden SBY menunggu kedatangannya di Istana Negara.

"Ini surprise, kemarin saya baru saja diberi tahu Dinas Kehutanan Provinsi, kalau saya menjadi wakil Riau untuk lomba program penghijauan dan konservasi alam wana lestari 2011, di Jakarta, 14-18 Agustus mendatang," ujar Vera Mustafa, Selasa (9/8).

PNS berusia 44 tahun ini berkerja sehari-hari di Unit Pelayan Teknis (UPT) Dinas Kehutanan dan Perkebunan Mandau. Menurut alumni Universitas Gajah Mada, tahun 2006 ini, apa yang telah dilakukannya dalam kurun waktu setahun ini tidak lepas dari dukungan masyarakat dan kelompok Tani Desa Kesumbo Ampai. Saat ditemui wartawan, ia didampingi ketua Kelompok Tani, Desa Kesumbu Ampai, Suprapto.

Buah hasil kerja sama itu sangat di rasakan manfaatnya, betapa tidak sudah dua kali masyarakat di sana memanen padi, jagung dan buah-buahan lain-lainnya. Tak hanya itu, program Ibu dua anak ini yang melakukan konservasi penghijauan dengan sistem tumpang sari untuk jenis kayu jabon serta pengembangan bibit kayu langka jenis obat-obatan di kawasan hutan labu dengan pikiran dan modal sendiri.

"Tak hanya, pertanian, penghijauan dan perkebunan saja yang berkembang selama ibu ini menjadi penyuluh kami, peternakan pun berkembang pesat. Sekarang sudah ada 40 ekor sapi dari hasil pengembang biakan," ujar Suprapto memuji warga Jalan Desa Harapan, Gang Bonsai Duri ini.

Sementara itu, Sekretaris Camat Mandau, Syamsul Bahri berkomentar bangga atas apa yang ditorehkan istri dari John Hardi itu. Dirinya mengatakan, ini suatu prestasi luar biasa dan sangat membanggakan masyarakat Kabupaten Bengkalis dan Mandau Khususnya.

"Wah, kita sangat apresiasi dan bangga dengan apa yang telah dibuat oleh ibu Vera yang akan membawa nama Mandau dan Bengkalis ke hadapan Presiden. Ini prestasi yang luar biasa yang dapat ditorehkan srikandi kita," ujar Syamsul Bahri.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar