Kamis, 18 Agustus 2011

Sembako Murah Diserbu dan Dinanti

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Satu unit kendaraan kargo berisikan paket sembako murah tiba di kantor Lurah Air Jamban, Kamis (18/8). Tak memperlambat, muatan pun dibongkar dan disimpan di Kantor Kelurahan Air Jamban. Belum sampai hitungan hari, paket sembako itu langsung diserbu warga.

Warga berbondong-bondong datangi kantor lurah tersebut. Tak menunggu lama, warga sudah berjubel di ruang tengah kantor lurah Air Jamban. Kedatangan mereka tentu dengan maksud. Bukan ingin mengurus administrasi atau apapun. Tujuan Ani (41) dan puluhan warga kelurahan Air Jamban yakni ingin mendapatkan paket sembako murah.

Warga jalan Stadion ini mengaku, hal ini merupakan kesempatan langka. Maka harus dimanfaatkan. "Sayang bila dilewatkan, apalagi harga sembako di pasar sedang melambung," ucapnya.

Sekertaris Lurah Air Jamban, Kasmari mengatakan, telah menyediakan 150 paket. Program ini merupakan kegiatan Disperindag Kabupaten Bengkalis. Lanjutnya, program ini diperuntukkan bagi warga kurang mampu. Pemerintah memandang, perlu ada kegiatan pasar murah bagi warga kurang mampu menjelang hari raya.

Paket sembako ini berisi; beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, kacang tanah 1 kg dan gula 2 kg. Selain itu, tepung terigu 1 kg, susu kental manis 2 kaleng dan 1 kardus mie instan. Untuk semua bahan pokok tersebut, pemerintah hanya membandrol Rp 70 ribu. Harga itu merupakan harga yang pantas. Dan dinilai jauh dari harga di pasaran.

Ani mengaku sangat membutuhkan bahan-bahan tersebut, paling tidak untuk memenuhi keperluan dapur selama beberapa hari. Ani dan beberapa tetangga memang sudah menantikan kegiatan-kegiatan seperti ini jauh hari.

Kasmari mengaku senang, kala melihat warganya sangat berantusias membeli paket sembako murah tersebut. Ia berharap kegiatan ini dapat sedikit membantu warga yang semakin merasa tercekik dengan melambungnya harga sembako.

"Masyarakat dapat memiliki paket itu dengan cara mempunyai kupon dengan penggantian nilai sebesar Rp 70 ribu dan bila dihitung Pemerintahan Kabupaten Bengkalis lakukan subsidi sebesar Rp 92 ribu untuk satu paket pasar murah,"ulasnya.

Kepala UPTD Perindag Mandau, Tengku Farida mengatakan, kegiatan ini sesuai janji pemerintah beberapa hari lalu. Pihaknya mengaku senang, karena semua warga yang mendapat kupon paket sembako tersebut merasa terbantu. Tujuan diadakan kegiatan ini yakni untuk membantu keluarga yang kurang mampu dan terbantu dengan kondisi harga di pasaran semakin melambung.

"Kami akan gelar agenda yang sama di daerah lain. Yang jelas kami sudah koordinasikan dengan lurah dan kepala desa yang akan kami kunjungi," tambahnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar