Kamis, 28 Juli 2011

Air Mengalir Tak Sampai Jauh

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Layanan perusahaan penyedia kebutuhan air bersih PDAM Tirta Darma Duri tak optimal. Banyak kalangan merasa kecewa dengan layanan yang diberikan. Belakangan, suplai air bersih ke masyarakat berkurang. Bila suplai lancar, kualitas air kurang bagus. Itulah yang diucapkan warga jalan Cengkeh, Iwan (26).

"Terkadang air PDAM keruh dan agak sedikit bau besi, saya takut akan mengganggu kesehatan tubuh," ucapnya, Kamis (28/7).

Menurutnya, pelayanan PDAM Tita Drama Duri kepada pelanggan dalam beberapa bulan terakhir ini terkesan tidak optimal. Belakangan, justru keran air di rumah tak ada setetes pun air. Ia mengaku bingung melakukan aktifitas sehari-hari. Sambil bergumam, ia mengatakan, bagaimana kita mandi, mencuci dan lainnya.

Sempat pula, ia rela tak mandi meski tetap berangkat kerja. Pegawai swasta ini mengaku kerap numpang mandi di tetangga yang memiliki sumur. Ia menduga, matinya suplai air ini, ada pengaruhnya dengan puncak kemarau beberapa hari lalu.

Mantan angota DPRD Bengkalis, H Darna mengatakan, Ketergantungan PDAM terhadap air baku dari CPI perlu diatasi. Perusahaan penyuplai air bersih ini harus dapat menanggulangi bencana kekeringan yang terjadi tiap tahun. Untuk itu menurutnya PDAM jangan hanya bergantung dengan pasokan air dari CPI.

"Jangan ada alasan dari pihak PDAM air baku tidak mencukupi ketika musim kemarau. Cari jalan keluar dengan mengajukan proposal pada pemerintah atau dengan langkah apapun," ucapnya, Kamis (28/7).

Ia menyarankan, PDAM seharusnya dapat melihat kondisi dan kwalitas  air yang disalurkan pada pelanggan. Karena peristiwa yang sama terus terjadi tiap tahun. Upayakan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan suplai air bersih.

 Darna juga mengimbau anggota dewan dapil Mandau untuk dapat menampung aspirasi masyarakat. Ketersediaan air bersih merupakan kebutuhan pokok yang tak dapat dipisahkan dari aktifitas masyarakat.

"Apa salahnya diusulkan agar PDAM memiliki seservior sendiri sehingga tidak ada ketergantungan kepada pihak lain," lanjut Darna.

Anggota Komisi II DPRD Bengkalis, Nanang Hariyanto mengatakan, akan segera melakukan hearing dengan pihak BUMD Bengkalis. Karena dinilai PDAM Tirta Darma Duri tidak memberi timbal balik yang baik terhadap masyarakat dalam bentuk pelayanan.

"Kita akan segera memanggil pengelola PDAM Tirta Darma guna mencari solusi agar pelayanan tersebut lebih ditingkatkan, jangan hanya jika pelanggan terlambat membayar rekening air dikenakan denda yang begitu besar sementara pelayanan tidak maksimal,"terang Nanang mengakui air PDAM dirumahnya juga tidak jalan.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar