Selasa, 05 Juli 2011

Ujian Paket C Dilaksanakan di SMAN 3

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Hingga tiga hari ke depan, 115 masyarakat Mandau-Pinggir adukan nasib raih ijazah paket C. Beragam alasan, mereka mengejar ijazah tersebut. Beberapa siswa mengikuti karena tak lulus UN tingkat SMA tahun ini. Ada pula yang karena putus sekolah. Sebagian lagi mengatakan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Ujian dilaksanakan di gedung SMAN 3 Mandau, Selasa (5/6) hingga tiga hari kedepan.

Camat Mandau, Rusli Maneh AMp langsung melakukan peninjauan akan kesiapan personil panitia pelaksana ujian paket C tersebut. Dirinya lantas memberikan pengarahan kepada para panitia untuk mengerahkan kemampuan yang ada demi kelancaran ujian yang serentak dilaksanakan di Indonesia ini.

''Kita sudah beri pengarahan kepada para panitia agar dapat bekerja ekstra untuk semua kelancaran proses ujian paket C ini. Semuanya demi masa depan masyarakat Duri,'' ujarnya.

Sementara itu menurut Penilik Luar Sekolah UPT Dinas Pendidikan Mandau, Ismail Sulaiman SS SH, ujian ini berlangsung selama 4 hari dan semua soal dan jawabannya akan di kirim ke Diknas Provinsi, sedangkan pengumuman kelulusannya keluar pada bulan Agustus nanti.

UPTD Pendidikan Mandau selaku pelaksana sudah melakukan semunya seperti penyediaan tempat, pengurusan semua administrasi dan sampai pengiriman berkas ke Pekanbaru. Sedangkan kenapa SMAN 3 yang dipilih sebagai tempat digelarnya ujian paket C tak lain karena tempatnya yang strategis dan bersebelahan dengan kantor UPTD Pendidikan Mandau. Menurutnya hal ini lebih memudahkan panitia untuk melakukan segala pengurusan terkait pelaksanaan ujian ini.

Ismail juga mengatakan, dari 115 anak yang ikut ujian 4 diantaranya adalah siswa yang tidak lulus UN kemarin, sebenarnya ada 8 orang lagi, namun tertunda karena keterlambatan pengurusan administrasi dan terpaksa mengikuti ujian paket C untuk gelombang kedua pada Oktober mendatang.

Ia menambahkan, bagi siapa saja yang hendak mengikuti ujian paket C gelombang II, silahkah mendaftar ke kantor UPTD Pendidikan atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Kantor PKBM beralamat di jalan Tribrata gang Giam, Pematang Pudu. Sementara, persyaratan yang harus dipenuhi yakni melampirkan raport SMA kelas 3.

Bila yang bersangkutan tak pernah menempuh bangku SMA hingga kelas 3 akan diarahkan untuk mengikuti kegiatan belaja mengajar terlebih dahulu di PKBM. Kegiatan belajar mengajar dilakukan setiap akhir pekan.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar