Kamis, 07 Juli 2011

PNPM Mandiri Perkotaan Akan Diperbaiki

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Memasuki tahun ketiga, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri di kecamatan Mandau terus berbenah. Perbaikan program terus dilakukan guna pencapaian yang lebih baik. Ada beberapa catatan penting guna perbaikan. Kamis (7/7), staf pengurus Program Pemberdayaan Kecamatan (PPK) PNPM Mandiri Perkotaan lakukan sosialisasi review program di gedung batin betuah kecamatan Mandau.
   
''Kali ini, selain sosialisasi kita juga lakukan review terhadap program tahun sebelumnya. Ada beberapa catatan yang harus kita lakukan perbaikan di dalamnya. Kita berharap program ini berkembang dengan baik sesuai dengan tujuannya," ucap staff PPK PNPM Mandiri Kabupaten Bengkalis, Lutfi Ahmad pada wartawan usai kegiatan sosialisasi.
     
Dikatakannya, PNPM Mandiri merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pertanggungjawaban yang dilakukan sepenuhnya oleh masyarakat. Dan ini adalah program dan bukan proyek. Untuk tahun anggaran 2011 ini, PNPM Mandiri kabupaten Bengkalis keseluruhannya berpusat di kecamatan Mandau.

Berdasarkan surat menko kesra sekitar Rp. 2,4 Milyar dana dialokasikan untuk kegiatan ini. Keseluruhannya total untuk 15 Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Mandau. Dana tersebut adalah sharing budget antara dana APBD dengan APBN. Catatan tahun 2009 yang menjadi patokan guna perbaikan prorgam ini menurut Lutfi lagi merupakan, pelaksanaan kegiatan yang dilakukan selama ini kurang berpedoman pada dokument program Jangka Menengah (PJM) penanggulangan kemiskinan.
   
Pada prinsipnya, program ini ditujukan pengentasan kemiskinan. Namun di sini konsepnya berpatokan pada pemberdayaan masyarakat. Menurutnya, perjalanan program ini terkesan tak tepat sasaran.

"Jadi selama ini kesannya, kurang kordinasi, kurang terbukanya jalur informasi kegiatan yang dilakukan kepada masyarakat, ini akan kita perbaiki,'' tambahnya.
   
Sementara pencairan dana untuk program ini akan dilakukan pertengahan Juli bulan ini. Sistim pencairan dana dengan 60 persen di awal dan 40 persen di akhir tahun ini. Program ini berada di bawah naungan Dinas Cipta Karya Kabupaten Bengkalis.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar