Minggu, 24 Juli 2011

Tes IQ Untuk Mengetahui Minat Bakat Anak

Laporan, Wicaksana Arif Tubrilian

DURI, TRIBUN - Untuk mengetahui minat, bakat dan tingkat inteligensi anak, SMPN 3 Duri melakukan tes IQ. SMPN 3 menggandeng kerjasama dengan biro Phsykologi Potensi Anak Pekanbaru. Peserta tes IQ diikuti seluruh siswa baru di kelas VII.

Physikolog, Devi Risma yang ikut melakukan pengetesan mengatakan, intelegensi anak harus diikuti minat dan bakat. Jadi hasil tes IQ ini bisa menjadi acuan guru dan orangtua mendidik anaknya. Tes IQ yang diselenggarakan SMPN 3 sudah kali ke tiga.

Dalam test ini anak akan mengikuti sepuluh rangkaian test, yang mana intinya adalah untuk mengetahui kepribadian sang anak. Hasil rangkaian test tersebut akan langsung dibagikan ke para orangtua. Devi juga mengatakan akan berikan arahan terkait hasil test anak ke orangtua anak mau pun guru.

Kepala sekolah SMPN 3, Edi Sakura, kepada juga mengatakan test IQ ini juga sangat membantu para guru menjadi acuan mengarahkan anak untuk belajar. Bila diketahui bakat minat diharapkan, pendidikan yang disampaikan disesuaikan. Selain itu ia akan mendorong bakat anak tersebut untuk mengikuti kompetisi sekolah atau luar sekolah sesuai dengan bakatnya.

Edi Sakura juga menambahkan, orangtua juga dapat mengetahui kemampuan si anak dengan adanya test ini. Untuk itu peran orangtua juga sangat dibutuhkan untuk memacu semangat anak untuk lebih giat belajar lagi.

"Peran orangtua dan guru akan bersinergi setelah mengetahui kepribadian anak, si anak akan dengan mudah untuk belajar maksimal karena tahu akan kemampuan sendiri," tutupnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar