Senin, 18 Juli 2011

Lapak Gratis Selama Ramadhan

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Memasukki bulan suci Ramadhan, aktifitas warga akan meningkat. Baik kegiatan keagamaan maupun beragam pernak-pernik lainnya. Termasuk aktifitas perdagangan yang akan mengalami peningkatan.

Di Kecamatan Mandau, tradisi pasar ramadhan selalu memeriah suasana kota. Menyambut agenda tersebut pemerintah menyediakan lapak ramadhan khusus untuk para pedagang secara gratis. Pemerintah menyediakan tenda dagangan selama bulan ramadhan dan tak dipungut biaya sepeserpun.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pasar, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Nizamuddin kepada Tribun, Senin (18/7) di ruang kerjanya mengatakan, hal itu sengaja dilakukan pemerintah untuk membantu meringankan beban para pedagang ramadhan yang ingin mengais rezeki pada bulan yang mulia itu.

Beberapa tenda besar itu akan didirikan mulai awal 1 Ramadhan di Jalan Pertanian. Masyarakat. Bebas menjajakan dagangannya di lapak yang disediakan pemerintah. Didirikannya tenda tersebut dimaksudkan untuk menertibkan para pedagang dadakan kala Ramadhan. Menurutnya bila masyarakat tak dikoordinir akan menyebabkan kesemrawutan. Apalagi bila ada penumpukkan pedagang, pasti akan menyebabkan kemacetan lalulintas.

"Pokoknya tidak dipungut biaya sepeser pun, jualanlah di tempat yang sudah kita sediakan. Semuanya untuk masyarakat berdaganglah carilah rezeki untuk keperluan lebaran nanti. Tenda dan kayu penyangga langsung kita pasang dua hari sebelum bulan puasa tiba," ujar Nizamuddin.

Untuk menjaga keterban dan kebersihan lingkungan, ia mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan. Sampah disekitar lapak dagangan harus disapu dan dikumpulkan supaya mudah untuk dibersihkan. Bila niat mencari nafkah sudah kuat, masyarakat bisa langsung menghubungi pengelola sebelum lapak terisi penuh. Ia mengimbau masyarakan untuk sesegera mungkin mendaftarkan diri.

"Hanya satu yang kita minta kepada masyarakat yang akan berdagang di pasar ramadhan itu, kita himbau agar dapat menjaga kebersihan sendiri. Usai berjualan mohon untuk membersihkan sampah di lapak masing-masing dan buang di tempat yang sudah di sediakan," tegasnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar