Minggu, 31 Juli 2011

Terharu Menerima Zakat

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Syukur alhamdulillah, semoga pemberi zakat ini diberkati Allah SWT. Segala aktifitas dan keinginannya dimudahkan sang khalik. Itulah yang diucapkan Ramli (42) alias Ujang kala mengetahui dirinya mendapat bantuan kesehatan. Ia nampak haru, saat Badan Amil Zakat (BAZ) Mandau menyambangi kediamannya di Jalan Rokan Gang Tulip RT 02 RW 09 Kelurahan Air Jamban, Sabtu (30/7).

Anggota petugas kebersihan UPTD Kebersihan Pasar dan Pertamanan Mandau ini karena menderita penyakit kulit akut. Lanjutnya, uang ini rencananya akan dipakai Ujang untuk penebus obat ke Pekanbaru. Karena penyakitnya semakin menjadi, ia memutuskan untuk berhenti bekerja dari petugas kebersihan. Pekerjaannya sekarang digantikan anaknya yang putus sekolah.

''Penyakit kulit ini sudah hampir setahun menyerang tubuh saya. Awalnya hanya muncul di bagian pipi. Namun lama kelamaan makin menjalar keseluruh badan,'' ujarnya.

Dihadapan wartawan, ujang mengaku belum pernah menerima bantuan sedikit pun dari tempatnya bekerja. Menurutnya kerjaan itu beresiko tinggi bagi kesehatannya. Apalagi kala mengangkat sampah yang tak bisa dipisahkan dari penyakit. Segala macam bakteri dan virus bisa tumbuh subur di dalamnya.

Yang terjadi kini, sekujur tubuhnya melepuh diserang virus. Untuk menebus obatnya harus ke Pekanbaru. Baginya, cobaan ini cukup berat, karena membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja masih pas-pasan. Belum lagi hutang sama tetangga sudah menumpuk. Oleh karenanya, kala menerima zakat dari hamba Allah yang dermawan, bapak enam anak ini mengaku bahagia.

Sementara itu, Ketua BAZ Mandau, Syahbuddin Zakaria mengatakan, kondisi Ujang seperti sekarang memang membutuhkan penanganan secepatnya. Menurutnya, Ujang sudah cukup menderita dengan kondisi seperti ini setahun lamanya. Pihaknya berharap, dengan disampaikannya amanah umat ini, bisa membawa Ujang pada kesembuhan.

Tak ketinggalan, ia mengajak masyarakat untuk membayarkan zakatnya karena masih banyak saudara sesama muslim yang membutuhkan. Apalagi sekarang sudah memasuki bulan Ramadhan, yang setiap amal ibadah kita akan dilipatgandakan ganjarannya.

''Uang yang diserahkan ini adalah zakat umat yang disalurkan melalui BAZ Mandau. Kami hanya membantu menyalurkannya kembali kepada orang yang berhak menerima. Selain itu bagi umat muslim yang sudah berkewajiban membayar zakat, lebih baik segerakanlah. Apalagi sekarang memasuki bulan Ramadhan,'' tutup Syahbuddin.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar