Kamis, 21 Juli 2011

Kayuh Sepeda Hingga Monas

Laporan, Wicaksana Arif Tubrilian

DURI, TRIBUN - Dua pembina dan dua pandega pramuka ranting Mandau kayuh sepeda hingga Jakarta. Pelepasan keempat peserta touring ini dilakukan sekertaris Camat, Syamsul Bahri, Kamis (21/7). Kegiatan ini, merupakan kegiatan resmi yang bertajuk 'Touring Bersepeda Kepramukaan Sumatera-Jawa'.

Niat awal empat pemuda ini untuk memperingati hari pramuka tanggal 14 Agustus nanti. Pembina pramuka di SMAN 4 Mandau, Yussrizal yang juga mengikuti ajang touring menargetkan, sebelum peringatan hari pramuka, sudah tiba di Jakarta. Kepada wartawan, ia meminta seluruh warga Mandau mendoakan supaya bisa tiba sebelum acara.

Rencananya keempat kader pramuka ini akan mengakhiri perjalanan di Monumen Nasional (Monas). Selama perjalanan, rencananya keempatnya akan singgah di setiap kantor kwartir pramuka yang dilalui. Dari singgahnya itu, mereka dapat lebih mengenal lebih jauh kwartir.

Selain itu, ia mengatakan, dari perjalanan ini kita akan lebih mengenali hidup dalam kondisi apapun. Dari situ kader pramuka dapat melatih kemandirian hidup. Yussrizal mengaku telah memersiapkan segala yang dibutuhkan, baik fisik atau mental.

"Kami persiapkan segala suatunya secukupnya, tak mungkin membawa kebutuhan secara berlebihan," ucapnya.

Lanjutnya, ia berharap dapat mengakhiri perjalanan selama 30 hari kedepan. Selama perjalanan pasti mendapat pengalaman yang dapat mendewasakan diri.

Sekcam, Syamsul memberi pesan pada keempatnya supaya hati-hati dan dapat menjaga keselamatan diri selama perjalanan. Hadapi permasalahan dengan kepala dingin dan terus kompak satu di antaranya.

"Pesan saya yang penting untuk diperhatikan yakni, bila datang waktu sholat, bergegaslah singgah untuk beribadah," ucapnya.

Sementara itu ketua kwartir ranting Mandau, Budiman berpesan, segala sesuatu pasti ada jalan keluar. Jangan panik dan tetap kompak satu sama lain. Tak ketinggalan, ia pun mendoakan supaya dalam perjalanan, tak mengalami hal-hal yang tak diinginkan.

Acara pelepasan pagi itu berlangsung haru. Para anggota kepanduan yang ikut melepas, meneteskan air mata. Tangis pun pecah kala, keempat pemuda itu mulain menaiki sepedanya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar