Rabu, 26 Oktober 2011

13 Kasus Lakalantas Renggut Tujuh Nyawa

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Terhitung sejak 1 Oktober sampai 25 Oktober 2011 sudah terjadi 13 kasus kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa sebanyak tujuh orang di wilayah hukum Polres Bengkalis. Hampir semua peristiwa
berlangsung di Jalan Lintas Pekanbaru-Dumai yang melintasi Mandau-Pinggir. Hanya kasus yang terjadi di Bengkalis. Dibandingkan bulan sebelumnya angka kecelakaan bulan ini ada penurunan.

"Selain tujuh meninggal dunia, ada juga korban luka berat tujuh orang dan luka ringan delapan orang. Kita juga turut membantu keluarga korban menguruskan asuransi Jasa Raharja. Karena asuransi itu hak keluarga atau ahli waris korban lakalantas,'' ujar Kasat Lantas Polres Bengkalis AKP Mariyono Sik didampingi Kanit Laka Aipda Subkhan kepada
Tribun, Rabu (26/10).

Rata-rata penyebab kecelakaan tersebut berawal dari kelalaian pengguna jalan, baik pengendara maupun pengemudi. Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, menyalip dari kiri hingga kehilangan kendali para rem, merupakan beberapa indikator terjadinya kecelakaan.

"Di samping itu kondisi jalan pun kurang baik untuk saat ini. Jadi pada pengguna disarankan untuk berhati-hati pada ruas-ruas jalan yang rusak,'' ungkap Kasat Lantas.

Untuk penanganan korban lakalantas, pihaknya sebut Kasat, selalu memberikan pelayanan prima, mulai dari mengamankan lokasi kejadian, mengevakuasi korban dan barang bukti, mengamankan pelaku hingga melakukan penyidikan dan penyelidikan.

Terkadang ada juga masyarakat yang melaporkan kasus laka beberapa hari setelah kejadian. Mungkin karena perdamaian tak kunjung tercapai, baru dilimpahkan ke polisi. Hendaknya jangan seperti itu. Secepat mungkin pihak kepolisian diberitahu jika ada kasus lakalantas.

"Jangan ketika mau mengurus asuransi Jasa Raharja baru dilaporkan,'' paparnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar