Kamis, 20 Oktober 2011

Kades dan Lurah Diminta Cepat Tanggap

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN - Menyikapi meningkatnya angka bencana alam beberapa bulan belakangan ini di kecamatan Mandau, Wabup, Suayatno meminta aparatur desa atau kelurahan cepat tanggap. Layaknya kebakaran dan angin puting beliung belum lama ini di kelurahan Talang Mandi.

Korban bencana alam bisa dikatakan orang yang miskin mendadak. Maka dari itu kecenderungan, akan mengalami depresi. Dalam hal ini aparatur desa atau kelurahan diminta turun ke lapangan memberikan rasa aman pada para korban. Lebih bagus lagi bila turut serta membantu korban bencana.

Kepada pemda, aparatur desa atau kelurahan diminta untuk mempercepat pengiriman data ke Satlak Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Kabupaten Bengkalis. Begitu proposal sampai (di Satlak BPD,red) biasanya kita langsung proses, dan turunkan bantuan uang tunai. Yang dapat mempercepat pengurusan syarat-syarat itu tentunya kades dan lurah setempat.

"Peran aktif mereka inilah yang kita harapkan. Dan sejauh ini kita melihat sejumlah lurah dan kades sudah memulainya,'' ujar Drs Suayatno yang juga Ketua Harian Satlak BPD Kabupaten Bengkalis, Kamis (20/10).

Untuk bantuan yang sifatnya mendesak (konsumtif,red) seperti sembako, dan pakaian, sebut Suayatno, akan ditanggulangi Dinas Sosial melalui UPTD kecamatan setempat. Sementara untuk kerugian materiil, dia mengatakan, akan diturunkan BNPB dan Kesra Pemkab Bengkalis.

"Itu makanya setiap musibah atau bencana alam yang terjadi, siapapun termasuk aparat pemerintahan mulai dari RT, RW bisa menyampaikan permohonan bantuan kepada UPTD Sosial. Minimal bantuan makanan akan diturunkan pada hari kejadian,'' paparnya.

Lanjutnya, mulai tahun ini penanganan bencana alam sudah ada dianggarkan di Pemkab Bengkalis. Hal ini guna mengantisipasi dana talangan, seperti yang pernah dilakukan tahun sebelumnya.

"Seluruh masyarakat kita minta untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan agar negeri ini dilindungi dari bencana. Kalau sudah terjadi, bencana tidak akan pandang bulu. Kewaspadaan perlu ditingkatkan terlebih untuk kasus kebakaran. perlu diperhatikan hal-hal pemicunya,'' pungkasnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar