Minggu, 16 Oktober 2011

Gudep Cendana Adakan JOTA-JOTI

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Secara serentak gelaran Pramuka di seluruh dunia, Sabtu (15/10) dibuka. Dan hari Minggu (16/10), diadakan Jamboree On The Air-Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI). Event dunia ini juga digelar Gudep 03.049.03.050 Cendana Duri juga dilaksanakan di Komplek Sago, PT CPI Duri. Dalam acara ini juga turut serta Gudep 03.031-03.032 SMPN 1 Mandau, Gudep 03.053-03.054 SMPN 3 Mandau, Gudep 03.169-03.170, Gudep 03.215-03.216 SMPN 12 Mandau. Dengan total 125 peserta.

Sebelum JOTA-JOTI dimulai terlebih dahulu dibuka dengan upacara yang dipimpin Kakwaran Gerakan Pramuka Mandau Heri Budiman SAg, dan dihadiri Ketua Gudep 03.049.03.050 Cendana Duri Abbiyasri, Kamabigus Cendana Drs Rusno.

"Melalui kegiatan JOTA-JOTI ini diberikan
kesempatan kepada anggota kepanduan Gerakan Pramuka untuk mendapatkan
bekal pengetahuan dan keterampilan menggunakan perangkat elektronik khusus berkomunikasi melalui gelombang elektromagnetik dengan memakai radio amatir dan internet,'' ujar Ketua Pelaksana JOTA-JOTI 2011, Tarmizi, di sela-sela pembukaan kegiatan.

Ditambahkannya, dalam era globalisasi yang menuntut keterbukaan dan persaingan bebas dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi juga berpengaruh besar pada jajaran Gerakan Pramuka. Untuk itu tuntutan keterbukaan informasi dan jaringan komunikasi sangat diperlukan.

Bagi peserta kaum muda ini hendaknya dapat membina rasa persaudaraan dan persatuan serta kebersamaan di antara anggota Gerakan Pramuka seluruh Indonesia dan anggota kepanduan di seluruh dunia. Menjalin
silaturahmi dengan Organisasi Amatir Radio dan masyarakat telematika di seluruh dunia.

Dalam JOTA-JOTI ini juga digelar bermacam kegiatan seperti berkemah dengan segala dinamikanya, permainan dan senam pramuka, persahabatan, yel-yel, dan bhakti sosial. Kegiatan lanjut Tarmizi turut didukung Orari dan menggunakan perangkat radio amatir di seluruh frekuensi band yang dialokasikan. Untuk perangkat internet bekerjasama dengan IT PT CPI dan PT Telkom.

"Harapan kita setelah kegiatan ini terbentuknya anggota pramuka yang memiliki pengetahuan di bidang elektronika dan
komputer serta keterampilan di bidang komunikasi radio dan internet,'' tutupnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar