Minggu, 23 Oktober 2011

Buah Nangka Gegerkan Warga Babussalam

Laporan, Wicaksana Arif Turbrilian

DURI, TRIBUN – Selama seminggu kebelakang, kediaman Eti (54) sering dikunjungi tetangganya. Namun beberapa hari ini, tak hanya tetangga sekitar rumahnya yang berkunjung. Bahkan warga yang notabene jauh dari rumah Eti pun datangi rumahnya. Tamu tak diundang ini tentu punya maksud mendatangi rumahnya dengan berbondong.

Ada yang aneh di rumah warga jalan Nusantara I gang Tengiri RT 7 RW IV, Babussalam. Rupanya kedatangan masyarakat ke rumah Eti ingin melihat dengan dekat keanehan buah pohon nangka yang ia tanam lima tahun lalu. Buah aneh dari pohon nangka yang ditanam di halaman depan rumah Eti berhasil menyedot perhatian warga.

Buah yang dihasilkan pohon tersebut menyerupai buah pisang. Terdapat tonjolan besar mirip buah pisang. Tonjolan itu muncul di semua sisi buah nangka. Eti mengaku tak tahu atas fenomena ini. Yang jelas, pohon ini semenjak berbuah, sudah beberapa kali mengeluarkan keanehan. Namun tak sampai besar, buahnya membusuk dan jatuh.

"Yang kali ini, buahnya bisa tumbuh besar dan nampak tonjolan-tonjolan mirip buah pisang," ucapnya pada Tribun, Minggu (23/10).

Ia mengaku tak memiliki firasat atau tanda-tanda apapun. Dan tak tahu ada perubahan ilmiah apa pada pohon yang tingginya mencapai 3 meter itu. Ia hanya mengakui, kejadian ini merupakan tanda-tanda kebesaran Tuhan. Bagi warga yang ingin melihatnya lebih dekat, ia tak melarang. Dan ia tak memerlakukan pohon itu secara spesial.

Buah aneh yang dikeluarkan pohon nangka ini berukuran sebesar kepala orang dewasa dan berwarna hijau. Eti mengatakan, pernah beberapa kali mengonsumsi buah yang tumbuh normal. Buah masak yang dihasilkan pohon tersebut, rasanya sangat manis. Namun ia mengaku belum pernah memakan buah yang tumbuh tak lazim.

"Sebelum kami petik, buah yang tumbuh penuh tonjolan mirip pisang itu lebih dahulu membusuk sebelum berukuran besar dan masak," lanjutnya.

Sore itu, beberapa warga kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak tampak bersemangat melihat keanehan buah nangka tersebut. Mereka hanya geleng-geleng kepala tak habis pikir kenapa buah nangka itu terdapat banyak tonjolan mirip buah pisang.

Sebagian dari mereka penasaran dengan menyentuh buah aneh tersebut. Dan tak sedikit yang mencoba mengabadikan kejadian ini menggunakan kamera ponsel tamu tak diundang Eti. Namun dari para pengunjung tersebut ada tangan jahil yang mencoba merusak kondisi buah aneh tersebut.

"Saya dapat kabar dari warga yang terlebih dahulu melihatnya, katanya ada buah nangka mirip buah pisang. Karena penasaran saya lihat ke sini. Ternyata memang benar. Menurut saya tidak begitu aneh, sebab hanya kulitnya saja yang bulat-bulat. Sedangkan sisi lainnya ada yang masih normal,'' ucap ibu yang tak berkenan disebutkan namanya.

Begitu juga yang diakui Adri. Merasa penasaran, warga kelurahan Gajah Sakti ini mencoba mengabadikan kejadian ini di ponselnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar